Advertisement

Anak-Anak di Samigaluh Diajak Membangun Semangat dan Mengenal NKRI

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 19 Desember 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Anak-Anak di Samigaluh Diajak Membangun Semangat dan Mengenal NKRI Anak-anak mengikuti rangkaian kegiatan Sarasehan Membangun Semangat Bela NKRI di Tanah Perdikan Ecoedupark, Dusun Puyang, Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Selasa (18/12/2018). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja, KULONPROGO—Sebagai upaya menanamkan nilai Pancasila serta Bhineka Tunggal Ika kepada anak-anak, Forum Tanah Perdikan Ecoedupark mengadakan kegiatan Sarasehan Membangun Semangat Bela NKRI di Tanah Perdikan Ecoedupark, Dusun Puyang, Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Selasa (18/12).

Dalam kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari forum group discusion (FGD) kebangsaan tokoh lintas agama yang digelar Selasa (4/12/2018), puluhan anak-anak dari PAUD, TK hingga SD mengikuti permainan yang dibalut dengan nilai-nilai kebangsaan. Selain itu diadakan pula dialog semangat bela NKRI bagi masyarakat sekitar.

Advertisement

Ketua Forum Tanah Perdikan Ecoedupark, Aloysius Edy Priharsono, mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu merangsang anak-anak untuk memiliki karakter yang bernilai Bhineka Tunggal Ika. Menurutnya anak-anak merupakan salah satu anggota bangsa yang perlu dipersiapkan dan dibimbing untuk terus memegang semangat Pancasila. "Sehingga diharapkan anak-anak ini mampu jadi penerus bangsa, dan menunjukan bahwa NKRI itu kuat meski berbeda-beda latar belakang," ucap Edy.

Edy mengatakan kegiatan ini juga sebagai upaya agar anak-anak bisa memahami pentingnya nilai toleransi antar sesama. Hal itu diwujudkan dengan deklarasi damai antar umat beragam di akhir kegiatan.

Inisiator acara yang juga merupakan perwakilan tokoh lintas agama, Romo FX Alip Suwito, mengatakan kegiatan ini ingin menunjukkan bela NKRI menjadi salah satu hal yang harus diupayakan. Dia berharap melalui kegiatan ini karakter kebangsaan dan bela NKRI bisa tertanam di masyarakat khususnya anak-anak.

"Bersama dengan anak-anak kami bisa menanamkan kembali nilai-nilai NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan juga kebhinekaan. Untuk peserta dewasa diharapkan bisa semakin terbuka pemahamannya tentang NKRI," ucapnya.

Salah satu satu guru PAUD Mitra asal Dusun Balong, Desa Banjarsari, Kecamatan Samigaluh, Sumarni, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya dengan adanya kegiatan ini mampu mengenalkan anak-anak didiknya tentang pentingnya kebersamaan dan menghargai perbedaan. "Di sini anak-anak tidak memandang teman-temannya itu siapa dari latar belakangnya, yang mereka tahu itu adalah temannya," ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keren! Warga Desa Ini Tanam Padi Bergambar Soekarno

News
| Selasa, 28 Juni 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement