Advertisement

Upacara Bregada Jadi Simbol Bersatunya 4 Kelurahan di Condongcatur

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 26 Desember 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Upacara Bregada Jadi Simbol Bersatunya 4 Kelurahan di Condongcatur Upacara peringatan hari ulang tahun Desa Condongcatur yang digelar di halaman balai desa setempat, Rabu (26/12/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Memperingati hari ulang tahun ke-72, Pemerintah Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, menggelar upacara bregada, Rabu (26/12/2018). Bregada ditampilkan dari empat kelurahan lama yang disatukan menjadi Desa Condongcatur.

Kepala Desa Condongcatur, Reno Candra Sangaji, mengatakan upacara bregada digelar sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-72 Desa Condongcatur. Sebelumnya, berbagai acara telah digelar seperti funbike, senam massal, dan pergelaran wayang kulit.

Advertisement

"Bregada dihadirkan dari empat pasukan yang berasal dari kelurahan yang sebelumnya ada. Empat kelurahan itu kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Desa Condongcatur," kata Reno, Rabu. Empat kelurahan tersebut masing-masing Manukan, Kentungan, Gorongan, dan Gejayan.

Setelah upacara bregada, masyarakat yang ikut serta menyaksikan berebut gunungan. Reno mengatakan upacara itu juga sebagai bentuk melestarikan budaya. "Meskipun Desa Condongcatur pembangunan pesat, tetapi budaya harus tetap dijaga," ujar Reno. Ia mengatakan Desa Condongcatur merupakan desa yang ditempati tidak hanya masyarakat Jogja saja, tetapi juga oleh masyarakat pendatang.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, yang hadir dalam acara tersebut mengatakan gunungan dalam upacara bregada melambangkan Desa Condongcatur sebagai desa yang subur makmur. Ia mengatakan di Desa Condongcatur banyak berdiri kampus yang bisa memberikan sumbangsih berupa pemikiran bagi kemajuan desa. "Pembangunan di Desa Condongcatur sangat pesat. Banyaknya kampus bisa memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan Desa Condongcatur," kata Sri Muslimatun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement