Hari Ini, Uji Coba Pengalihan Arus Lalin karena Proyek Underpass Kentungan Dilakukan

Ilustrasi underpass - JIBI
12 Januari 2019 06:50 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Rencana pelaksanaan proyek pembangunan underpass Kentungan dimulai pada Senin (14/1/2018) mendatang. Sebagai upaya sosialisasi, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY bersama kepolisian akan melakukan trial atau uji coba pengalihan arus lalu lintas pada Sabtu (12/1/2019) ini.

Kepala Seksi Managemen Lalu Lintas Dishub DIY Bagas Senoaji mengatakan trial pengalihan arus tersebut dilakukan untuk melaksanakan rencana pengalihan arus dan mengantisipasi kemacetan panjang di simpang empat Kentungan.

"Trial ini kami laksanakan sesuai peta pengalihan arus. Trial dilakukan beberapa jam saja sebelum berlaku efektif pada Senin depan," katanya, Jumat (11/1/2019).

Setelah trial pengalihan arus lalu lintas dilakukan, kata Bagas, pihaknya bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas akan melakukan evaluasi. Jika tidak ada perubahan atau masukan selama uji coba dilakukan, maka pengalihan arus tetap dilakukan sesuai rencana.

"Masih cukup waktu sebelum hari Senin depa untuk evaluasi lagi, Sabtu siang [setelah trial] kami lakukan evaluasi," katanya.

Dia menjelaskan, rencana dimulainya proyek pembangunan underpass simpang empat Kentungan tidak ada perubahan. Proyek nasional tersebut akan dikerjakan pada Senin (14/1/2019).

Dishub mengaku sudah mengantisipasi rencana pembangunan tersebut melalui pengaturan siklus-siklus traffic light yang ada di sekitar persimpangan agar tidak menimbulkan kemacetan. "Kami akan pantau kondisi lalin sebagai dampak dari proses pembangunan ini melalui area traffic control system," katanya.