Advertisement

Bertahap, Lampu APILL Jogja Bakal Dipasangi ATCS

Uli Febriarni
Minggu, 10 Februari 2019 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Bertahap, Lampu APILL Jogja Bakal Dipasangi ATCS Lampu lali lintas. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Secara bertahap lampu lalu lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di beberapa persimpangan jalan besar Jogja bakal dilengkapi dengan area traffic control system (ATCS).

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Dishub Kota Jogja, Windarto mengatakan di tahap awal, ATCS akan dipasang di dua titik, yakni Simpang Empat Jetis [simpang empat utara kantor Harian Jogja] dan Simpang Pingit. Pertimbangna pemasangan ATCS di dua titik itu kata dia, lantaran kedua persimpangan itu kerap sesak dengan kendaraan.

Advertisement

Dia mengatakan APILL di simpang Pingit, saat ini masih dalam tahap uji coba penggunaan alat pendeteksi kesenjangan jarak antar kendaraan (gap detector). Apabila lampu menyala hijau dan jarak antarkendaraan berada dalam hitungan di atas empat detik, maka lampu akan menyala merah.

Adanya pemasangan ATCS pada APILL, dapat membantu memecah kepadatan kendaraan. Dia memperkirakan pengadaan ATCS dilakukan pada triwulan kedua 2019. “Kalau saat ini masih dalam tahap perencanaan,” kata dia, Sabtu (9/2/2019).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Jogja, Zandaru Budi mengatakan pemasangan ATCS di beberapa titik, akan berkoordinasi dengan Dishub DIY lantaran beberapa ATCS merupakan milik Dishub DIY terpasang pada APILL di wilayah Kota Jogja. Begitu juga dengan perbaikan ATCS yang sudah tidak berfungsi optimal.

"Tahu sendiri, kalau lewat simpang Pingit, itu lama sekali [durasi lampu menyala merah], ada banyak keluhan dari masyarakat, jadi kami ganti pakai ATCS," kata dia.

Selain pemasangan ATCS, dilakukan pula peremajaan pada komponen pada APILL. Antara lain sisi terang lampu, menjaga keawetan baterai. Termasuk pula membersihkan coret-coretan, stiker. Pembaruan dan upaya-upaya tersebut kata dia, pada intinya bertujuan membuat pengendara dan pengguna jalan semakin nyaman saat berkendara dan melintas di jalanan Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement