Advertisement

Tahun Ini 421 PNS Pemkab Gunungkidul Pensiun

David Kurniawan
Rabu, 13 Februari 2019 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Tahun Ini 421 PNS Pemkab Gunungkidul Pensiun Bupati Gunungkidul, Badingah menyerahkan SK kepada CPNS yang dinyatakan telah lolos seleksi, Selasa (12/2/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul memastikan ada 421 pegawai yang pensiun di 2019. Untuk menutupi kekurangan pegawai, Pemkab berencana mengajukan formasi rekrutmen CPNS ke Pemerintah Pusat.

Kepala BKPP Gunungkidul, Sigit Purwanto, mengatakan jajarannya mendata pegawai yang akan memasuki masa pensiun. Total di tahun ini ada 421 pegawai yang akan mengakhiri tugas sebagai aparatur sipil negara (ASN). “Untuk pegawai yang pensiun berasal dari berbagai golongan, termasuk di dalamnya setingkat kepala dinas,” kata Sigit kepada wartawan, Kamis (13/2/2019).

Advertisement

Menurut dia dengan bertambahnya pegawai yang pensiun maka kekurangan jumlah pegawai di lingkup Pemkab bertambah. Untuk menyiasati kekurangan tersebut Pemkab berencana mengajukan tambahan pegawai ke Pemerintah Pusat. “Mudah-mudahan kami dapat jatah rekrutmen CPNS sama seperti di 2018 sehingga kekurangan pegawai bisa tertutupi,” katanya.

Disinggung mengenai jumlah formasi yang diajukan, Sigit belum bisa memastikan karena masih didata. “Kami masih mendata sehingga jumlah pastinya belum diketahui. Yang jelas dengan bertambahnya pegawai yang pensiun maka kekurangan pegawai semakin terasa,” katanya.

Lebih jauh dikatakan Sigit, untuk menutupi kekurangan pegawai selain mengandalkan rekrutmen CPNS Pemkab juga merekrut tenaga harian lepas (THL). Menurut dia rekrutmen THL bisa menjadi solusi karena bisa mengurangi beban kerja pegawai di setiap OPD sehingga tidak memiliki beban yang berlebih. “Setiap tahun ada rekrutmen THL. Sejak 2018 proses rekrutmen ditangani langsung oleh BKPP,” katanya.

Tahun ini Pemkab mendapatkan tambahan pegawai sebanyak 386 CPNS baru hasil rekrutmen di akhir 2018. Adanya tambahan pegawai itu dapat membantu untuk meningkatkan kinerja karena selama ini sudah banyak kekurangan pegawai.

Bupati Gunungkidul, Badingah, mengucapkan selamat kepada calon pegawai baru. Sumbangsih tenaga dan pikiran para pegawai ini sangat dibutuhkan untuk peningkatan kinerja di lingkup pemerintahan. “Saya berharap kepada pegawai tidak menjadi partisan dan terlibat dalam kegiatan politik praktis. Akan lebih baik tenaga dan pikirannya digunakan untuk membantu dalam proses pembangunan di Gunungkidul,” katanya, Selasa (12/2/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

WhatsApp Bocor, Israel Dikabarkan Gunakan Data untuk Serang Rumah Warga Palestina

News
| Rabu, 24 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement