Advertisement

Akhir 2019, Seluruh Desa di Gunungkidul Peroleh Akses Internet

David Kurniawan
Selasa, 12 Februari 2019 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Akhir 2019, Seluruh Desa di Gunungkidul Peroleh Akses Internet Ilustrasi internet - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Pemkab Gunungkidul terus mendorong pengembangan sistem informasi desa (SID) di setiap desa. Salah satu bentuk dukungan dengan memberikan akses internet. Diharapkan di akhir 2019 seluruh desa sudah mendapatkan layanan akses Internet dari Pemkab.

Kepala Bidang Pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Kelik Yuniantoro, mengatakan akses Internet di desa sangat penting untuk menunjang pengembangan SID. Selain itu keberdaaaan akses ini juga memudahkan dalam upaya pengembangan UMKM hingga promosi destinasi wisata yang ada di setiap desa.

Advertisement

Untuk langkah awal ada 40 desa yang akan dipasang jaringan Internet milik Pemkab. Jika proses selesai maka tahap berikutnya akan dipasang ke seluruh wilayah dengan target selesai di akhir 2019. “Sudah kami programkan dan setiap desa akan mendapatkan akses dengan kecepatan akses mencapai 10 Mbps,” katanya kepada wartawan, Selasa (12/2/2019).

Kelik menjelaskan pemberian fasilitas Internet di setiap desa tidak hanya untuk pengembangan potensi yang dimiliki desa, tetapi juga sebagai upaya pengembangan program smart city milik Pemkab Gunungkidul. “Tujuan kami untuk mengembangkan smart city dan saya yakin program ini bisa diterapkan di Gunungkidul,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Drajad Ruswandono, mengatakan Pemkab serius untuk mendukung pengembangan SID di setiap desa. Menurut dia progam ini sangat penting selain untuk menampilkan potensi yang dimiliki desa, laman tersebut juga berfungsi sebagai penyaji data seperti tentang jumlah penduduk hingga keberadaan jumlah warga miskin di wilayah setempat. “Harapannya dengan SID data yang disajikan benar-benar valid karena prosesnya melibatkan masyarakat yang tahu bagaimana kondisi di lapangan,” katanya.

Namun demikian Drajad tidak menampik hingga saat ini SID masih perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat keaktifan desa dalam mengelola laman yang dimiliki. Oleh karena itu Pemkab terus mendorong agar desa terus memperbaiki isi data dalam SID sehingga masyarakat bisa tahu perkembangan yang ada di desa. “Ini sangat penting karena apa yang disajikan sudah terkoneksi dengan web milik kecamatan maupun kabupaten. Untuk meningkatkan pengelolaan Pemkab menyiapkan lomba SID sehingga bisa memberikan motivasi agar desa terus melakukan update informasi di laman yang dimiliki,” kata Drajat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement