Advertisement

Nelayan Pantai Baron Luka Parah Digigit Sidat

Rahmat Jiwandono
Jum'at, 15 Februari 2019 - 14:14 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Nelayan Pantai Baron Luka Parah Digigit Sidat Puluhan perahu nelayan yang berjajar di pinggir Pantai Baron, Rabu (16/1/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Seorang nelayan di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, bernasib tragis saat melaut pada Rabu (13/2/2019). Nelayan bernama Sarno, warga Dusun Sumuran RT 02/RW 04, Desa Kemadang, mengalami luka serius pada bagian tangan lantaran digigit sidat. Sarno bahkan harus dilarikan ke RSUD Wonosari untuk menjalani operasi.

Ketua SAR Satlinmas Wilayah II, Marjono, mengatakan peristiwa tersebut terjadi Rabu tengah malam saat Sarno bersama beberapa rekannya memancing ikan di Pantai Baron. Saat itu pancing yang ada di tangan Sarno tiba-tiba ditarik ikan. "Dia mengira mendapat ikan, setelah ditarik ternyata sidat," ucap Marjono, Jumat (15/2/2019).

Advertisement

Saat sidat muncul di permukaan, Sarno langsung berupaya melepaskan sidat dari mata kail yang menancap. “Saat dia berusaha melepas kail dari sidat yang seukuran lengan orang dewasa, mendadak sidat menggigitnya," kata Marjono.

Ketua Nelayan Pantai Baron, Sumardi, mengatakan serangan karnivora laut kepada nelayan merupakan kejadian langka. Namun menurutnya sidat merupakan jenis ikan yang agresif dan sangat berbahaya lantaran punya gigi yang tajam. “Ikan cukup berbahaya apalagi jika terkena gigitannya,” kata Sumardi.

Ia menambahkan, selain sidat ikan hiu juga patut diwaspadai. Sebab, selain tenaganya yang kuat, hiu juga dilengkapi dengan ratusan gigi tajam di mulutnya. “Agar lebih aman harus menggunakan gancu untuk menaikan ikan dari air, sehingga risiko tergigit bisa diminimalkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Hari Ini

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement