Advertisement

Target Produksi Tangkapan Ikan DIY Tahun Ini 7 Ribu Ton, DKP Optimistis Tercapai

Newswire
Rabu, 01 November 2023 - 17:57 WIB
Maya Herawati
Target Produksi Tangkapan Ikan DIY Tahun Ini 7 Ribu Ton, DKP Optimistis Tercapai Hasil tangkapan ikan - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perikanan tangkap di DIY tahun ini ditargetkan mencapai 7.000 ton. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) optimistis target itu terpenuhi.

Kepala DKP DIY Bayu Mukti Sasongka di JOGJA, Selasa, meyakini target itu bisa tercapai karena hingga kini kondisi gelombang laut selatan masih mendukung para nelayan untuk melaut meski memasuki pancaroba.

Advertisement

"Kalau tidak ada bulan purnama dan gelombang yang besar kami yakin masih bisa mencapai target," kata Bayu.

Bayu meyakini target produksi ikan tangkap yang tidak jauh dari capaian produksi 2022 itu bisa tercapai seiring meningkatnya kemampuan nelayan di DIY melaut.

Selain itu, lanjut Bayu, target tahun ini bisa tercapai karena saat ini masuk masa panen ikan laut seiring peralihan musim dari kemarau ke musim hujan. Menurut dia, puncak panen ditandai dengan semakin banyaknya ikan laut yang muncul di permukaan laut.

"Masa panen dimulai Oktober, November, dan Desember puncaknya," ujar Bayu. Sejumlah jenis ikan laut yang diperkirakan mengalami peningkatan, kata Bayu, adalah tuna, tongkol, dan cakalang.

BACA JUGA: Mengenal PsyBot, Teknologi Pendeteksi Kesehatan Mental Karya Mahasiswa UGM

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP DIY Catur Nur Amin mengatakan jenis ikan yang banyak ditangkap oleh para nelayan di perairan DIY, masih jenis ikan pelagis besar seperti tuna, cakalang, serta tongkol, dan ikan pelagis kecil seperti teri, layang, serta kembung.

Kemampuan para nelayan, kata dia, ditingkatkan dengan memfasilitasi berbagai pelatihan menangkap ikan, hingga keterampilan terkait dengan penanganan mesin kapal.

Menurut dia, target produksi ikan tangkap tahun ini tidak jauh dari capaian produksi tahun lalu. Pada 2022 produksi ikan tangkap ditarget 7.063 ton, sementara realisasinya 7.072 ton atau 100,12 persen dari target.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement