Advertisement

Wow, PBTY Masuk Agenda Wisata Wonderful of Indonesia

Uli Febriarni
Kamis, 21 Februari 2019 - 01:57 WIB
Nina Atmasari
Wow, PBTY Masuk Agenda Wisata Wonderful of Indonesia Parade atraksi liong dan barongsai mewarnai pembukaan Pekan Budaya Tionghoa (PBTY) 2018 bertemakan Harmoni Budaya Nusantara di sepanjang jalan Malioboro, Jogja, Sabtu (24/2). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) masuk sebagai salah satu agenda wisata dalam Wonderful of Indonesia 2019.

Ketua Umum PBTY, Tri Kirana Muslidatun mengungkapkan, masuknya PBTY dalam Wonderful of Indonesia tidak lepas dari usaha keras bersama panitia, Paguyuban Warga Tionghoa dan masyarakat Jogja dalam membesarkan event yang rutin diselenggarakan menyambut pergantian tahun baru Imlek itu.

Advertisement

Sebelum dinyatakan masuk ke dalam Wonderful of Indonesia, PBTY terlebih dahulu dinilai dan diawasi oleh tim, secara sangat detail dan teliti. Bahkan penilaian dilakukan selama tiga tahun terakhir dilengkapi dengan verifikasi ke lapangan.

"Jadi ketika pelaksanaan PBTY, tim mengawasi dan mengecek apakah apa yang kami sampaikan perihal PBTY itu sesuai dengan kenyataan," ujar Ana, Rabu (20/2/2019).

Ana menambahkan, ada beberapa poin yang dinilai oleh tim, sehingga membuat PBTY layak masuk dalam Wonderful of Indonesia. Kegiatan mengandung unsur budaya, pemberdayaan, ekonomi kreatif, ekonomi masyarakat, pariwisata.

Kesemuanya itu menjadi faktor yang membuat PBTY dipertimbangkan oleh tim nasional. Selain itu, faktor konsistensi juga menjadi salah satu poin yang dinilai dari PBTY. Dalam PBTY sendiri, panitia secara konsisten menampilkan budaya lokal Tionghoa dan berbagai budaya nusantara secara bergantian dari tahun ke tahun.

Menurut Ana, tim penilai juga mengamati sejauh mana antusiasme warga terhadap PBTY, dan dari penilaian disebutkan bahwa, jumlah pengunjung PBTY bahkan melampaui jumlah pengunjung Sekaten.

Dari hasil survey diketahui, dalam sehari pelaksanaan, PBTY bisa dikunjungi oleh sekitar 5.000 orang. Dengan masuknya PBTY ke dalam Wonderful of Indonesia, maka akan ada sejumlah pengembangan dilakukan. Bertujuan agar PBTY dikenal oleh khalayak lebih luas, hingga ke tingkat internasional.

"Ke depan kami akan menyelenggarakan lomba Jogja Dragon Festival, melukis kepala wayang Potehi. Lomba akan diumumkan hingga level internasional dan kami akan mencoba meminta piala Presiden Republik Indonesia sebagai hadiah kepada pemenang," ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Jogja, Tri Hastono menyatakan, PBTY adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari dan untuk warga Kota Jogja, bukan hajat segolongan atau panitia saja. PBTY membuktikan, hidup bersama dalam harmoni di Kota Jogja bukan lagi sebuah materi diskusi, melainkan sudah terwujud dalam keseharian di Jogja.

"Kita menjaga, menguatkannya, menjadi sebuah semangat kebersamaan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement