Advertisement

Situs Purbakala Sokoliman Ditata Ulang dengan Anggaran Rp600 Juta

David Kurniawan
Jum'at, 01 Maret 2019 - 22:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Situs Purbakala Sokoliman Ditata Ulang dengan Anggaran Rp600 Juta Dua pengunjung berfoto di area Situs Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul bakal menata ulang Situs Sokoliman di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Total biaya yang dibutuhkan untuk penataan mencapai Rp600 juta.

Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Disbud Gunungkidul, Agus Mantara, mengatakan penataan ulang Situs Sokoliman merupakan hasil koordinasi dari tim ahli BPCB DIY. Menurut dia program penataan sudah masuk dalam program kegiatan di tahun ini. “Sudah masuk dan rencananya untuk penataan ulang dialokasikan anggaran Rp600 juta,” katanya kepada Harian Jogja, Jumat (1/3/2019).

Advertisement

Dia menjelaskan penataan situs dilakukan agar keberaadaannya menonjolkan artefak yang asli. Rencananya, miniatur menhir yang sudah bangun akan dirobohkan dan diganti menhir yang asli. Selain itu, Disbud juga membangun satu gazebo di bagian belakang untuk dimanfaatkan menyimpan artefak menhir berukuran kecil. “Semua sudah dikonsep dan nantinya penataan ditarget selesai tahun ini,” katanya.

Mantara menambahkan di dalam rencana penataan tim ahli BPCB meminta agar menhir raksasa berukuran empat meter yang ditemukan di area permakaman umum di Dusun Sokoliman untuk didirikan. Namun demikian, proses ini sulit terealisasi karena menhir patah di bagian leher sehingga sulit didirikan. “Kami tidak tahu bagaimana cara menyambungnya, tapi kalau memang tidak bisa, solusinya menhir diletakan di area dalam situs,” kata mantan Sekretaris Camat Nglipar ini.

Dia menambahkan di sekitar kawasan Situs Sokoliman diduga masih menyimpan banyak artefak peninggalan masa lampau. Namun demikian keberadaannya belum bisa dieskavasi secara mendalam. “Dugaannya masih banyak benda-benda yang memiliki warisan budaya masa lalu masih terpendam di sekitaran Situs Sokoliman,” katanya.

Kepala Seksi Kepurbakalaan dan Permuseuman Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Disbud Gunungkidul, Winarsih, mengatakan Bumi Handayani memiliki peradaban tertua dan terlengkap di wilayah DIY. Hal ini terlihat dari temuan artefak yang dimiliki mulai dari zaman prasejarah hingga zaman kontemporer.

Dikatakan Winarsih, Situs Sokoliman merupakan tempat yang memiliki peninggalan paling lengkap. “Di lokasi situs awalnya hanya ditemukan lima buah peti kubur batu, tetapi setelah dijadikan sebagai penampung jumlah koleksi terus bertambah. Hingga sekarang di Situs Sokoliman terdapat 248 menhir dan 17 kubur batu,” katanya, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement