Dusun Srumbung Gunungkidul Pentaskan Hadroh dan Campursari

Konser musik campur sari di Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Patuk pada Sabtu (16/3). - Harian Jogja/ Rahmat Jiwandono
16 Maret 2019 23:17 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :


Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-- Seniman dari Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Pengkok mementaskan hadroh dan musik campur sari pada Sabtu (16/3) siang. Pagelaran seni ini ramai didatangi warga sekitar yang ingin menonton acara tersebut.

Sekretaris panitia, Riyanto, mengatakan para seniman yang mementaskan hadroh dan campur sari tersebut merupakan warga setempat. Kelompok seni hadroh tergabung dalam grup Al-Qadr.

"Grup hadroh tersebut sudah sering tampil di acara-acara seperti ini," ujar Riyanto kepada Harian Jogja, Sabtu (16/3).

Ia menambahkan tujuan menampilkan grup hadroh adalah berusaha menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap budaya sendiri dan kembali mempelajari nilai-nilai agama Islam. "Sekarang anak muda minatnya mengikuti budaya lain, kami bermaksud agar anak-anak remaja bisa aktif di hadroh ini. Untuk acara campur sari adalah hiburan bagi kaum muda-mudi di sini," katanya. 

Kepala Seksi (Kasi) Obyek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY, Titik Fatmawati, menuturkan gelar atraksi budaya yang ada di Dusun Srumbung ini menjadi nilai tersendiri, karena berdekatan dengan objek wisata Gunung Ireng. Dengan demikian, daya tarik wisata tidak hanya pada potensi alam. 

"Wisata Gunung Ireng sudah dikenal. Jadi, wisatawan lain bisa tahu potensi kesenian yang ada di sini," ucapnya.