Advertisement

Suplai Air Bersih ke NYIA Ditarget Akhir Maret

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 26 Maret 2019 - 06:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Suplai Air Bersih ke NYIA Ditarget Akhir Maret Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kulonprogo tinggal menunggu proses reservoir dari PT Pembangunan Perumahan (PP) serta pemasangan pipa dan existing jaringan instalasi utama bersifat temporer untuk menyuplai air bersih menuju Ground Water Tank di New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Direktur PDAM Tirta Binangun, Jumantoro mengatakan sampai hari ini sudah terpasang jaringan temporer sepanjang 1.800 meter dari total 2.100 meter di bandara yang berlokasi di Kecamatan Temon tersebut. Penyelesaian jaringan ini ditargetkan selesai pada akhir Maret dengan catatan tidak mendapat kendala dari pembangunan lain.

Advertisement

Pasalnya sebagian jaringan temporer berada di sekitar underpass yang saat ini masih dalam tahap pembangunan oleh PT PP. Sementara bagian lain jaringan di sebelah timur masih proses pembebasan lahan untuk pelebaran jalan Daendels. "Sehingga kami sifatnya menyesuiakan," kata Jumantoro, Senin (25/3/2019).

Dia menjelaskan, air yang disalurkan lewat jaringan temporer tersebut bersumber dari Bendung Sapon di Kecamatan Lendah. Untuk pengoperasian bandara pada April mendatang kapasitas air mencapai 14 liter per detik. Sementara saat beroperasi penuh kebutuhan air di NYIA bakal meningkat hingga 60 liter per detik. "Nanti akan disiapkan sambil jalan," ujarnya.

Sementara itu terkait progres pembangunan NYIA di pertengahan Maret telah mencapai 82% untuk pengoperasian minimum pada April mendatang. Sedangkan untuk pengoperasian secara keseluruhan, sudah mencapai 37%. Landasan pacu di NYIA juga sudah bisa didarati pesawat berbadan sempit atau narrow body aircraft seperti Boeing 737 dan Airbus A320. Konstruksi pengaspalan lapis awal landasan pacu bandara pun sudah rampung.

Infrastruktur lain yang juga sudah hampir selesai antara lain fasilitas airside, landside. dan terminal. Pada airside, landasan pacu sepanjang 3.250 meter, dua buah paralel taxiway, rapid exit, dan apron tinggal menunggu penyempurnaan.

Di bagian luar, sebuah masjid dengan konsep doom juga sudah rampung. "Tinggal pengerjaan di dalam, ada elektronika bandara, counter check in, konter imigrasi, juga lampu," ungkap Manajer Proyek NYIA, Taochid Purnama belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement