Advertisement

ACT DIY Beri Pelatihan Mitigasi Bencana untuk Ratusan Siswa

Sunartono
Selasa, 02 April 2019 - 19:37 WIB
Sunartono
ACT DIY Beri Pelatihan Mitigasi Bencana untuk Ratusan Siswa Kegiatan pelatihan mitigasi bencana yang diikuti para siswa diselenggarakan ACT DIY, Selasa (2/4/2019). - Ist/ACT DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dalam rangka membekali para siswa sekolah dalam kesiapsiagaan bencana, Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY beri pelatihan mitigasi bencana bersama 220 siswa SMPN 1 Piyungan, Bantul, Selasa (2/4/2019).

Dalam kesempatan tersebut Instruktur Disaster Emergency Response (DER)-ACT DIY, Hendra mengatakan sejak dini anak-anak harus dikenalkan dengan tata cara penanggulangan bencana, terutama teknik penyelamatan diri saat terjadi bencana.

Advertisement

“Pelatihan mitigasi bencana kali ini membahas tentang mitigasi bencana gempa dan penanggulangan kebakaran. Para siswa diajak belajar karakter bencana gempa bumi dan dilanjutkan dengan simulasi evakuasi gempa bumi,” terangnya dalam rilis kepada Harian Jogja.

Materi berikutnya ialah simulasi pemadaman kebakaran yang menggunakan alat pemadam sederhana yang biasa ada di rumah seperti handuk atau kain yang sudah dibasahi air, serta tata cara pemadaman kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Para siswa juga berkesempatan untuk memadamkan api dalam drum menggunakan kain basah dan APAR.  Tampak para siswi juga turut memadamkan api walaupun agak sedikit takut.

Hendra berharap sosialisasi mitigasi bencana dapat terus dilakukan. “Tidak hanya terbatas di sekolah-sekolah mitigasi bencana juga dapat dilakukan bersama masyarakat mengingat DIY merupakan wilayah yang memiliki potensi bencana alam yang cukup beragam,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement