Advertisement

Rekap Resmi KPU Kota Jogja: Jokowi-Ma'ruf Unggul 86.882 Suara

Lugas Subarkah
Kamis, 02 Mei 2019 - 20:32 WIB
Budi Cahyana
Rekap Resmi KPU Kota Jogja: Jokowi-Ma'ruf Unggul 86.882 Suara Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin. - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Meski sempat diwarnai ketidaksinkronan data, KPU Kota Jogja menyelesaikan Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu, Kamis (2/5/2019) sore. Rekapitulasi ini telah digelar sejak semua data rekap tingkat kecamatan masuk ke KPU Kota Jogja pada Senin (30/4/2019).

Di Pilpres 2019, Joko Widodo-Ma’rif Amin memperoleh 179.048 suara, sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 92.166 suara. Jokowi-Ma’ruf unggul 86.882 suara. Sementara, suara sah sebanyak  271.241, dan tidak sah sebanyak 4.338.

Advertisement

Ketua KPU Kota Jogja, Hidayat Widodo, mengatakan rekapitulasi rampung sesuai target yang telah ditetapkan, yakni tiga hari. Pada hari pertama, sebanyak 10 kecamatan berhasil direkap. Di hari kedua, rekap sempat diwarnai ketidaksinkronan data pada satu kecamatan dan diulang di hari ketiga.

Hiadayat mengatakan KPU  menargetkan partisipasi pemilih Kota Jogja sebesar 77,5%, dan realisasinya sebesar 84,9%. “Ini berkat kerja sama dari penyelenggara, media dan pemerintah untuk menyampaikan pemilihan,” katanya.

Setelah semua dokumen siap, Hidayat menargetkan hari ini juga data dikirim ke provinsi.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jogja, Agus Inharto, mengatakan proses rekap berlangsung dinamis. Bawaslu mengawasi dari hari pertama, yang berjalan cukup lancar. Baru menemui persoalan di hari kedua, yakni adanya ketidaksinkronan data. “Ada pergeseran suara, sampai tadi pagi dibuka form C1-nya, dilihatkan dan dihitung kembali,” katanya.

Setelah dilakukan hitung ulang dengan C1, data pun cocok. Menurut Agus, ketidaksinkronan terjadi kemungkinan karena human error. Ia mengatakan pergeseran terjadi pada delapan partai pada sekitar 12 TPS. “Tapi tadi sudah klir, dari saksi juga sudah oke,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement