Advertisement

Dapil di Gunungkidul Berubah, Sejumlah Partai Kehilangan Kursi Legislatif

David Kurniawan
Minggu, 05 Mei 2019 - 07:07 WIB
Bhekti Suryani
Dapil di Gunungkidul Berubah, Sejumlah Partai Kehilangan Kursi Legislatif Ilustrasi DPRD

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Sejumlah partai politik mulai melakukan analisa terkait dengan hasil dari pelaksanaan Pemilu 2019. Salah satunya menyangkut perubahan daerah pemilihan (dapil) yang berpengaruh terhadap raihan suara dan kursi di DPRD.

Sekretaris DPD Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho mengatakan meski belum ada keketapan dari KPU terkait dengan caleg terpilih, namun pihaknya sudah melakukan kalkukasi terkait dengan torehan kursi hasil Pemilu 2019. Menurut dia, capaian kursi yang diperoleh belum sesuai dengan harapan dan malah cenderung menurun, bila dibandingkan dengan hasil di Pemilu 2014. “Pemilu ini hanya dapat lima kursi, atau turun satu kursi dengan hasil yang diraih pemilu lima tahun lalu,” kata Heri kepada Harianjogja.com, Sabtu (4/5/2019).

Advertisement

Menurut dia, menurunnya jumlah kursi yang diperoleh disebabkan beberapa faktor. Salah satunya dipengaruhi adanya perubahan dapil di Gunungkidul. Secara jumlah, memang tidak ada perubahan dibandingkan dengan Pemilu 2014. Namun, dari sisi komposisi kecamatan di dapil mengalami perubahan.

Sebagai contoh, kata Heri, di Pemilu 2014, dapil I terdiri dari tiga kecamatan meliputi Wonosari, Playen dan Semanu. Sedangkan di Pemilu 2019, dipecah karena dapil I hanya terdiri dari Kecamatan Wonosari dan Playen, sementara Semanu tergabung ke dapil IV bersama dengan Kecamatan Tepus, Girisubo dan Rongkop. “Kondisi ini jelas berpengaruh, seharusnya di dapil I bisa dapat dua kursi, tapi realisasinya hanya satu kursi,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Politikus PKS Gunungkidul, Imam Taufik. Menurut dia, perubahan komposisi dapil sangat berpengaruh terhadap raihan kursi partainya. Hal ini terlihat dari raihan kursi, di mana PKS kehilangan kursi di dapil I yang diraih di Pemilu 2014. “Sangat disayangkan karena kursi di dapil I lepas sehingga raihan kursi hanya empat,” kata Imam.

Dia mengungkapkan penyebab kegagalan dikarenakan waktu perubahan dapil yang mepet dengan pemilihan. Hal ini pun berakibat terhadap perubahan pemetaan dan di sisi lain, waktu untuk menjalankan program dan visi misi jadi kurang mendalam. “Kami kehilangan sekitar 3.000 suara karena pindahnya Kecamatan Semanu ke dapil IV sehingga kursi di dapil I terlepas. Jadi, hasil di Pemilu 2019 akan kami jadikan evaluasi untuk menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement