Advertisement

Jalan Purworejo-Jogja Ambles Hingga Satu Meter, Warga Kulonprogo Resah

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 17 Mei 2019 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Jalan Purworejo-Jogja Ambles Hingga Satu Meter, Warga Kulonprogo Resah Kondisi ruas jalan Purworejo-Yogyakarta di Dusun Tegalsari, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh yang ambles pada Jumat (17/5/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Ruas jalan Purworejo-Jogja yang berlokasi di Dusun Tegalsari, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh ambles hingga kedalaman satu meter. Warga sekitar lokasi berharap agar jalan tersebut segera diperbaiki agar tidak menggangu kelancaran lalu lintas.

Salah satu warga yang bermukim di sekitar lokasi amblasnya jalan, Supriyono, 65, mengungkapkan peristiwa ini terjadi pada Kamis (16/5/2019) malam. Namun mulai terlihat tanda-tanda akan amblas sejak pagi hari. "Mulai retak sedikit demi sedikit sejak pagi hari, kemudian sekitar pukul 19.00 WIB, baru anjlok, untung tidak kena rumah saya," kata dia, kepada awak media, Jumat (17/5/2019).

Advertisement

Diungkapkan Supriyono, jalan tersebut sudah mengalami keretakan sejak akhir 2017 lalu. Penyebabnya karena tanah penyangga jalan mengalami longsor. Namun otoritas terkait yang dalam hal ini ditandatangani oleh Pemerintah Provinsi karena status jalan merupakan jalan provinsi belum melakukan perbaikan. Barulah saat hendak dimulai proyek pemasangan bangket pada pekan ini, jalan malah amblas.

Dia mengatakan rumahnya yang hanya berjarak 2,5 meter dari amblasnya jalan termasuk hunian yang rawan terdampak. Potensi meluasnya diameter jalan yang amblas kian meningkat jika dilalui kendaraan bertonase berat. Atas hal itu, ia berharap agar perbaikan bisa disegerakan.

"Apalagi ini merupakan jalan utama, kalau rusak kami harus putar cukup jauh sekitar lima kilometer," ungkapnya.

Warga lain yang masih satu kompleks dengan Supriyono, Sarjiah, 50, mengaku khawatir tatkala hujan mengguyur wilayah tersebut. Sebab akan meningkatkan potensi amblesnya jalan nantinya turut berdampak kepada rumahnya.

"Kalau pas hujan itu saya udah siap-siap kemas barang berharga, takut sewaktu-waktu longsor," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement