Advertisement

Sambut Lebaran, Gua Kiskendo Suguhkan Sugriwa Subali

Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 25 Mei 2019 - 10:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
Sambut Lebaran, Gua Kiskendo Suguhkan Sugriwa Subali Pengunjung menyusuri wilayah luar Gua Kiskendo sebelum masuk ke mulut gua di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Jumat (24/5/2019).- Harian Jogja - Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Gua Kiskendo yang menjadi salah satu objek wisata andalan Kulonprogo akan menyiapkan suguhan hiburan berupa kesenian di libur lebaran nanti. Saat libur Lebaran, diperkirakan jumlah pengunjung berlimpah.

Salah satu pengelola dan penjaga Kiskendo, Adi Slamet, mengatakan saat libur Lebaran, pengunjung bisa sampai 400an orang sedangkan di hari biasa hanya 100 orang saja. Kini, pengunjung objek wisata Kiskendo banyak yang datang secara rombongan dengan membawa bus.

Advertisement

Tidak hanya dijadikan objek wisata budaya dan religi dengan menyusuri gua saja, pengunjung juga bisa berkemah dan kegiatan luar ruang di sekitaran gua. “Di libur Lebaran akan digelar hiburan tari angguk, kuda lumping dan sendratari Sugriwa Subali,” paparnya kepada Harian Jogja, Jumat (24/5/2019).

Di bulan puasa, Adi mengatakan jumlah pengunjung sekitar 15 orang saja yang datang sedangkan di saat akhir pekan bulan puasa sampai 50 orang. Area Gua Kiskendo yang sampai 4,5 hektare itu kini dikelola oleh Dinas Pariwisata Kulonprogo sejak 2015. Gua tersebut terkenal dengan wisata religi dan sering digunakan orang-orang untuk pertapaan.

Kiskendo menyimpan cerita pertempuran hebat antara Sugriwa dan Subali. Keduanya merupakan tokoh pewayangan yang sampai sekarang masih dilestarikan melalui tampilan sendratari. “Tiap tiga bulan sekali ditampilkan sendratari Sugriwa Subali. Di tiap-tiap sisi luar gua juga ada reliefnya yang menampilkan tokoh Sugriwa Subali,” papar Adi.

Gua yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo itu diperkirakan ditemukan pada 1820. Lalu pada 1974 dilakukan pemugaran untuk wisata susur gua. Di 2015 kemudian dikelola Dinas Pariwisata Kulonprogo.

Salah satu pengunjung, Annisa Amalia, mengungkapkan salah satu alasan dirinya tertarik berkunjung ke Kiskendo karena adanya nilai sejarah. Selain itu, di Jatimulyo tidak hanya ada Kiskendo tetapi ada daya tarik wisata lain yang membuatnya berkunjung.

“Tidak hanya ke Kiskendo. Dari sini [Kiskendo] ke air terjun Kedung Pedut, Kembang Soka, atau Sungai Mudal yang tergolong dekat,” tuturnya. Annisa datang bersama keluarganya dan baru pertama kali datang ke Kiskendo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement