Sambut Libur Lebaran, Ini Dia Desa Wisata dan Destinasi yang Disiapkan Pemkab Sleman

Ilustrasi area Blue Lagoon, Sleman. - Harian Jogja
28 Mei 2019 17:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak empat desa wisata yang ada di Sleman disiapkan secara khusus oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman untuk menyambut wisatawan saat libur Lebaran.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, mengatakan beberapa persiapan itu di antaranya adalah melalui kegiatan revitalisasi dan sosialisasi. Adapun keempat desa wisata itu masing-masing adalah Desa Wisata Pancoh (Kecamatan Turi), Desa Wisata Brajan (Kecamatan Minggir), Desa Wisata Brayut (Kecamatan Sleman), dan Desa Wisata Trumpon (Kecamatan Tempel).

Tak hanya itu, Dispar Sleman juga melakukan hal yang sama terhadap sejumlah destinasi wisata, di antaranya adalah Blue Lagoon, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak; dan Tlogo Putri Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem.

Terhadap desa wisata dan sejumlah objek wisata tersebut, kata Sudarningsih, Dispar DIY segera merehabilitasi beberapa fasilitas, mulai dari kios, toilet, lampu taman, musala, hingga pembuatan mural tiga dimensi untuk memperindah tampilan objek wisata.

“Total kami merehab delapan kios buah, 33 kios kuliner, membangun sembilan toilet, dan membuat mural tiga dimensi di area Tlogo Putri Kaliurang. Di gardu pandang Kaliurang beberapa fasilitas juga telah ditata seperti 12 titik lampu taman, musala, dan sembilan pergola," katanya.

Khusus di sekitar gardu pandang Kaliurang, Dispar DIY bakal menggelar Festival of Light dengan mengandalkan atraksi utama berupa hot air baloon atau balon udara untuk menikmati pemandangan Kaliurang dan Kota Jogja. Festival of Light bakal kami selenggarakan pada 29 Mei sampai dengan 14 Juli,” ucap Sudarningsih.

Sementara disinggung soal wisata jip lava tour yang diprediksi juga bakal ramai pengunjung, secara intens telah dilakukan pembinaan baik kepada komunitas dan driver jip lava tour oleh Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Polres Sleman dan Indonesia Offroad Federation (IOF). "Penanganan situasi darurat di jalan, teknik dan praktik scrooting kendaraan, dan teknik dan praktek berkendara dan pemanduan juga kami berikan kepada mereka," ucap dia.

Atraksi Seni

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dispar Sleman, Aris Herbandang, mengatakan pada Ramadan ini Dispar juga menawrkan sejumlah atraksi kesenian di tiga destinasi wisata, masing-masing adalah Kaliurang (Kecamatan Pakem), Tebing Breksi (Kecamatan Prambanan), dan Lava Bantal (Kecamatan Berbah). Atraksi itu, kata dia, digelar mulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB untuk menemani wisatawan yang hendak menyongsong waktu buka puasa.

Dia mengatakan kesenian yang disajikan pada objek wisata di atas berupa kesenian religi hadrah kolosal. "Sedangkan, untuk liburan hari raya [Lebaran], kami sajikan mulai 7 juni berturut-turut sampai tanggal 16 Juni di Tlogo Putri Kaliurang dengan sajian kesenian dari campursari, orkes melayu, jatilan, badui, dan band," ucap dia.