Di Jogja, Haryadi Akan Menjadi Katib Salat Id Balai Kota

Iklan katib Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti.
04 Juni 2019 20:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Masjid Pangeran Diponegoro kompleks Balaikota Jogja akan melaksanakan Salat Id di halaman Balaikota Jogja, Rabu (5/6/2019), pukul 07.00 WIB. Salat akan diimami Ustaz Kamaludin Al-Hafidz dan yang bertindak sebagai katib adalah Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Pangeran Diponegoro, Muchtosar, mengatakan akan ada tiga pintu masuk menuju lokasi solat, yakni satu gerbang utara dan dua gerbang timur. Motor dan mobil masuk gerbang timur sebelah Kantor Damkar sedangkan dua gerbang lainnya hanya untuk pejalan kaki.

Ia menuturkan panitia telah menyiapkan patok untuk meluruskan arah kiblat. Sedangkan sof baru akan dibuat sore ini. Untuk keamanan, pihaknya bekerja sama dengan Satpol PP dan kepolisian guna menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Salat Id.

Ia mengimbau kepada para jamaah agar datang ke lokasi tepat waktu, karena saat solat dimulai, gerbang utara akan ditutup. "Kalau telat nanti malah pada ndeprok di luar," kata dia, Selasa (4/6/2019).

Selain itu seperti biasa, Masjid Pangeran Diponegoro juga akan melaksanakan takbir pada Selasa (4/6/2019) malam. Takbir dibagi dalam dua kelompok, yakni di dalam masjid dan takbir keliling untuk anak-anak.

Untuk menghormati masyarakat yang hendak istirahat, takbir menggunakan sound luar hanya sampai pukul 10.00. Setelah itu takbir masih berlanjut, hanya saja dengan memakai sound dalam.