Hari Kedua Lebaran, Jalan Bantul Macet

Kemacetan terjadi di Jalan Bantul pada hari kedua lebaran 2019, Kamis (6/6/2019). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi.
06 Juni 2019 13:07 WIB Salsabila Annisa Azmi Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL --Terjadi penumpukan kendaraan dari arah utara di Jalan Bantul Km 8,5 sejak pukul 10.00 WIB tepatnya di ruas jalan menuju gerbang Projotamansari, Bantul.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, penumpukan arus lalu lintas terlihat dari Simpang Empat Masjid Agung dan mengular panjang hingga Jalan Bantul Km 8,5 atau sekitar Masjid Al Wafa Cepit. Seorang pengendara motor asal Bantul, Sherly, 30, mengatakan kemacetan parah itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

"Udah sejak pagi tadi, meskipun numpuk kendaraannya, masih bisa jalan tergantung lampu merahnya," kata Sherly.

Sherly mengatakan setiap tahun ruas jalan utama ini memang selalu macet setelah lebaran terutama pada H+2 lebaran. Menurutnya hal itu terjadi karena sebagian pemudik sudah memutuskan pulang dan sebagian lagi memutuskan berwisata di Pantai atau Kebun Buah Mangunan melalui Jalan Parangtritis.

Kasatlantas Polres Bantul AKP Cerryn Nova mengatakan arus kemacetan berasal dari pemudik yang hendak berwisata ke Pantai atau Kebun Buah Mangunan. Cerryn menyarankan pemudik menggunakan jalur alternatif.

"Kemungkinan macet hingga perempatan cepit, jadi disarankan pemudik pakai jalan alternatif, bisa lewat Jalan Kasongan kemudian belok kiri, atau Jalan Cepit Tembi langsung ke Jalan Parangtritis," kata Cerryn.