Remisi Lebaran, 15 Warga Binaan Lapas Cebongan Bebas

Lapas Cebongan, Sleman. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
06 Juni 2019 22:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Sebanyak 15 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berada di Lapas Klas II B Sleman dapat pulang dan bebas pada Hari Raya Idul Fitri 2019 ini.

“Warga binaan kami per 5 Juni kemarin ada 316 orang. Ada 151 orang yang mendapatkan remisi khusus kategori I. Sedangkan yang mendapatkan remisi khusus kategori II dan bisa langsung bebas sebanyak tiga orang,” kata Kepala Lapas Klas II B Sleman, Gunarto, Kamis (6/6/2019).

Selain itu, ia menjelaskan, ada dua orang WBP yang telah habis masa pidananya, sembilan WBP yang mendapatkan cuti bersyarat, dan satu orang mendapatkan pembebasan bersyarat

“Mereka [yang cuti bersyarat dan pembebasan bersyarat] beralih dari narapidana menjadi klien pemasyarakatan. Bimbingan dibawah balai pemasyarakatan [Bapas]. Jadi keseluruhan, pada Rabu (5/6) kemarin, ada 15 orang WBP yang langsung pulang," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, Tedja Sukmana mengatakan dari sembilan lapas dan rutan di DIY, ada 820 WBP yang mendapat remisi khusus Idul Fitri.

"Dari jumlah tersebut, yang menerima remisi khusus dan langsung bebas dari hukuman jumlahnya 18 orang," kata dia.