Advertisement

Formayo Desak Disdikpora DIY Penuhi Kuota PPDB Jalur Prestasi 15%

Abdul Hamied Razak
Minggu, 23 Juni 2019 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Formayo Desak Disdikpora DIY Penuhi Kuota PPDB Jalur Prestasi 15% Formayo saat menggelar aksi di Tugu Pal Putih Jogja, Minggu (23/6 - 2019). Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Hariianjogja.com, JOGJA--Puluhan warga dari Forum Masyarakat Yogya Istimewa Peduli Pendidikan (Formayo) menggelar aksi di Tugu Pak Putih Jogja, Minggu (23/6/2019). Mereka menuntut agar Disdikpora memperbaiki sistem PBDB 2019.

Dalam aksinya, massa aksi membawa baik ibu-ibu maupun bapak-bapak membawa sejumlah spanduk. Di antaranya "Kembalikan sistem PBDB ke Juknis 2018", "Jangan Sia-siakan Usaha Keras Anak Kami," "Jangan Pupuskan Cita-cita Anak Kami," "Bebaskan Anak Kami Meraih Mimpi," "Demokrasi Pendidikan Bukan Pembatasan Hak Anak Untuk Memilih Pendidikan Anak Yang Diinginkan,".

Advertisement

Koordinator Aksi Elvin Yulianto mengatakan sesuai dengan Permendikbud yang baru terkait PBDB pihaknya menuntut agar jalur prestasi dipenuhi 15%. Tahun ini, Disdikpora DIY memberikan kuota untuk jalur prestasi hanya 5%.

"Disdikpora DIY harus mematuhi Permendikbud, untuk jalur prestasi 15%. Kami minta ada pembenahan PBDB," katanya di sela-sela aksi.

Formayo juga meminta agar pelaksanaan PPDB ditunda hingga 1 Juli mendatang. Hal itu dilakukan agar Disdikpora bisa melakukan penyesuaian dengan adanya Permendikbud yang baru. Ia berharap, Disdikpora bisa mengubah Peraturan Gubernur (Pergub) yang lama terkait pelaksanaan PBDD dengan Pergub yang baru.

"Kami minta itu dilakukan agar asas keadilan bagi anak-anak berprestasi bisa terpenuhi," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement