Advertisement

Pusat Setujui Tol Jogja Tak Akan Mengarah ke Bandara Kulonprogo

Abdul Hamied Razak
Senin, 24 Juni 2019 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Pusat Setujui Tol Jogja Tak Akan Mengarah ke Bandara Kulonprogo Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Sempat muncul kembali isu penolakan Gubernur DIY sekaligus Raja Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X terkait pembangunan jalan tol di DIY, Sekda DIY Gatot Saptadi menegaskan sudah tidak ada lagi persoalan terkait masalah tersebut.

Menurutnya, baik Pemda DIY maupun Pusat sudah ada kesepakatan dengan arahan Gubernur DIY. Misalnya jalan tol tidak mengarah ke Yogyakarta International Airport (YIA). "Itu sudah disepakati oleh Kementerian PU. Positif, ada kesepakatan. Arahan Gubernur disetujui oleh Pak Menteri. Tidak ada jalan tol yang langsung menuju ke Bandara YIA," katanya kepada Harianjogja.com, Senin (24/6/2019).

Advertisement

Setelah tidak ada permasalahan dengan trase tol yang tidak melewati YIA, kata Gatot, saat ini hanya tinggal tindak lanjut teknis dari Kementerian PU. Nanti tol Jogja-Cilacap hanya lewat Purworejo ke Barat saja. "Lokasi di Purworejo apakah dekat atau jauh dengan bandara YIA, nanti dilihat lokasinya," katanya.

Disinggung soal keberlanjutan tol Jogja-Bawen, Gatot mengaku tidak ada persoalan. Trase Jogja-Bawen tetap dilakukan mulai dari Karangtalun hingga Ringroad Barat. Adapun saat ini, dilakukan pembahasan trase tol Jogja-Solo. "Masalah trase Jogja-Bawen sudah pasti [disepakati], tinggal Jogja-Solo. Tinggal nanti dibahas dengan pusat, yang penting izinnya [IPL] di sini," katanya.

Nantinya, kata Gatot, antara tol Jogja-Bawen tetap menyambung dengan Jogja-Solo. Penyambung kedua jalan tol tersebut direncanakan di jalan Ringroad. "Perencanaan tol Jogja-Solo terus berproses. Tinggal penentuan trasenya. Kalau semua [syarat] sudah selesai bisa segera dilelang. Itu nanti dilakukan semuanya oleh pusat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Paskah, 26.153 Penumpang Naik Turun di Stasiun Wilayah Madiun

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement