Festival Perahu Naga Akan Dikembangkan Berskala Nasional

Tiga tim peserta adu kecepatan perahu naga setelah melewati garis finis, lomba ini berlangsung di Laguna Pantai Depok pada Sabtu (22/6/2019) hingga Minggu (23/6/2019). - Harian Jogja - Kiki Luqmanul Hakim (ST16).
24 Juni 2019 09:37 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST16) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL –Dinas Pariwisata DIY telah melangsungkan acara festival perahu naga yang berlangsung di Laguna Pantai Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul, Minggu (23/6/2019). Dalam acara tersebut turut dimeriahkan oleh upacara Peh Cun dan juga adu kecepatan perahu naga yang diikuti oleh 24 tim.

Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, Kepala Bagian Pengembangan Dinas Pariwisata DIY Wardoyo, serta Ketua PB PODSI DIY Sumantoyo. Dalam sambutannya Kwintarto menyampaikan bahwa Laguna Depok akan segera dikembangkan sebagai kawasan wisata pantai Depok.

“Jadi kita dari pihak pemerintah akan segera mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di Bantul, salah satunya ya Laguna Depok ini, acara ini diadakan disini juga bertujuan untuk menarik perhatian para pengunjung,” katanya.

Senada dengan Kwintarto Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja juga menyampaikan bahwa Laguna Depok merupakan tempat yang sangat istimewa dan mempunyai potensi yang mampu dijadikan wisata air.

“Tempat ini memang sangat istimewa, bukan tidak mungkin lagi festival perahu naga akan kami kembangkan menjadi festival skala nasional. Jika itu mampu terwujud maka pengunjung akan jauh lebih banyak lagi dan efeknya PAD [Pendapatan Asli Daerah] Bantul akan meninggkat,” kata Singgih.

Bupati Bantul Suhasono menyampaikan bahwa Laguna Pantai Depok akan dikeruk agar dapat digunakan untuk latihan dayung. Menurutnya pihak Pemkab Bantul telah berkoordinasi dengan berbagi pihak untuk pengerukan tersebut.

“Selain dikeruk, nanti pasirnya untuk latihan dayung dan juga akan saya manfaatkan juga untuk wisata air lainnya. Dari Polair juga sudah ada koordinasi. Nanti di situ kita bisa menyewakan perahu, saya siapkan fasilitasnya. Investor juga bisa membuat spot melihat sunset,” katanya.