PPDB SMA/SMK: Kuota dari Zona Satu di Beberapa Sekolah Telah Terpenuhi

Ilustrasi PPDB. - JIBI
26 Juni 2019 23:27 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) 2019 tingkat SMK/SMK telah berakhir pada Rabu (26/6/2019) hari ini. Di beberapa sekolah, kuota untuk zona satu, yakni calon siswa yang berasal dari DIY, telah terpenuhi.

SMKN 5 Jogja menyediakan total kuota untuk siswa baru sebanyak 504 siswa. Di sekolah ini terdapat tujuh jurusan yang masing-masing berkuota 72 siswa. Ketua Panitia PPDB SMK N 5 Jogja, Arif Kurniawan, mengatakan kuota telah terpenuhi. “Kami menunggu pergeseran secara sistem saja, kepastian finalnya menunggu tanggal 28,” katanya.

Dalam PPDB kali ini, setiap sekolah diwajibkan menyediakan kuota difabel untuk dua siswa. “Kami memberi kesempatan, sekolah punya kewajiban menerima tapi juga punya keterbatasan. Keterbatasan ini lah yang perlu dikomunikasikan,” ungkapnya.

Ketua PPDB SMKN 2 Jogja, Untung Suprapto, mengatakan SMKN 2 Jogja meyediakan kuota 828 siswa untuk sembilan kompetensi keahlian. Setiap kompetensi keahlian terdiri dari satu sampai empat kelas.

Menurut dia sejauh ini tidak ada kendala dalam PPDB. “Mungkin cuma saat sosialisasi dan pemahaman orang tua calon murid yang belum sepenuhnya mengerti peraturan sistem PPDB tahun ini. Kalau 2018 cuma berdasarkan pilihan, sekarang tambah zonasi dan pilihan, itu biasanya yang membingungkan orang tua dan calon murid.”

SMKN 2 Jogja juga akan menerima difabel. Namun, sekolah akan terlebih dahulu memberi gambaran kepada calon siswa terkait kondisi di sekolah, sehingga calon siswa dan orang tua bisa mempertimbangkan apakah mau masuk atau tidak.