Advertisement

Embung di Semin Mengering, Warga Lakukan Pengerukan

David Kurniawan
Minggu, 30 Juni 2019 - 11:57 WIB
Nina Atmasari
Embung di Semin Mengering, Warga Lakukan Pengerukan Sejumlah warga melakukan pengerukan di embung di kawasan Alas Brumbung, Dusun Ketonggo, Sumberejo, Semin, Jumat (28/6/2019). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Warga Dusun Ketonggo, Sumberejo, Semin melakukan pengerukan embung di kawasan tersebut yang telah mengering. Diharapkan dengan pemeliharaan ini dapat memaksimalkan embung dalam penampungan air.

Kepala Dusun Ketonggo, Supriyanto mengatakan, musim kemarau membuat embung di dusunnya mengering. Penyusutan air di embung juga tidak lepas dari aktivitas pertanian warga sekitar. Pasalnya saat musim kemarau, air di embung membantu irigasi warga untuk pemeliharaan tanaman padi.

Advertisement

“Memang keberadaan embung tidak begitu luas. Namun pada saat curah hujan mulai menyusur, airnya banyak disedot untuk mengairi lahan pertanian warga di sekitar embung. Akibat aktivitas ini, air di embung telah mengering,” kata Supri kepada Harianjogja.com, Jumat (28/6/2019).

Menurut dia, dengan mengeringnya air di embung yang berada di kawasan Alas Brumbung, warga pun berinisiatif untuk melakukan pemeliharaan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengeruk tanah di dasar embung. Harapannya dengan pengerukan ini dapat memaksimalkan daya tampung air saat musim penghujan. “Selain pengerukan, kami juga melakukan kegiatan bersih-bersih,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Supri, untuk pemeliharaan warga tidak sendirian karena mendapatkan bantuan dari Pemerintah DIY. “Memang semua biaya dalam pemeliharaan ditanggung oleh provinsi dan warga tinggal melaksanakan,” tuturnya.

Ke depannya, lanjut Supri, untuk memaksimalkan keberadaan embung, pihaknya akan mengusulkan agar dinding-dinding yang retak dapat ditambal. Hal ini diperlukan agar daya tampung air tidak cepat menyusur karena adanya kebocoran pada dinding embung. “Sudah kami usulkan. Mudah-mudahan bisa direalisasikan,” imbuhnya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Suryanto. Menurut dia, keberadaan embung sangat membantu warga. Pada saat air di embung penuh, banyak warga memanfaatkan embung sebagai tempat rekreasi mulai dari tempat nongkrong hingga memancing. “Pada saat airnya masih, hampir setiap sore ada orang yang mincing atau pun nongkrong,” katanya.

Hanya saja, kata Yanto, air dalam embung sudah mengering karena dimanfaatkan petani untuk mengairi tanaman padi yang dimiliki. “Sangat bermanfaat dan hasilnya bisa dilihat tanaman petani tetap hidup meski sudah musim kemarau,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 48 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement