Ratusan Petugas Diterjunkan Awasi Hewan Kurban di Jogja

Penyembelihan hewan kurban. - Solopos/M. Ferri Setiawan
10 Agustus 2019 00:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Iduladha akan dilangsungkan Minggu (11/8/2019) mendatang, seluruh masjid Kota Jogja akan melaksanakan kurban, tak terkecuali Masjid Pangeran Diponegoro, Kompleks Balaikota Jogja.

Secara simbolik, tiga instansi menyumbangkan masing-masing satu ekor sapi pada Masjid Diponegoro, yakni Bank BPD DIY, Bank Jogja dan Gubernur DIY, Jumat (9/8/2019) di halaman Masjid Diponegoro.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Sugeng Darmanto, mengatakan pasca penyembelihan akan dilaksanakan pemeriksaan daging kurban yang melibatkan 200 mahasiswa kedokteran hewan UGM dan 125 petugas dari Pemkot. "Yang sudah diawasi 400 sapi dan 2.080 kambing," ujarnya.

Ia mengungkapkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) akan mulai bekerja setelah salat id, dengan jumlah pemotongan sebanyak 50 hewan di hari pertama, 50 hewan hari kedua dan 10 hewan pada hari ketiga. "Di situ, jeroan akan diolah jadi kompos," ungkapnya.

Kata dia, masyarakat perlu mewaspadai cacing hati. Hewan yang diberi makan rumput basah biasanya berpotensi terserang cacing ini. Sementara wabah antraks yang terjadi di Karangmojo, Gunungkidul, ia pastikan tidak menyebar, sebab sudah ditutup, tidak boleh keluar wilayah.