Advertisement

Dwi Sulisworo Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UAD

Uli Febriarni
Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:27 WIB
Sunartono
Dwi Sulisworo Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UAD Prof. Dwi Sulisworo saat menyampaikan pidato dalam pengukuhan guru besar, Kamis (8/8/2019). - Ist/UAD.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menambah satu lagi guru besar baru. Prof. Dwi Sulisworo dikukuhkan sebagai pakar di bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran setelah menyampaikan pidatonya yang berisikan tentang Penerapan Mobile Learning sebagai Upaya Pemerataan Akses Pendidikan Berkualitas di Indonesia, Kamis (8/8/2019).

Dwi menuturkan, pada abad 21 ini, Komisi Pendidikan UNESCO mendorong pendidikan berkelanjutan, yang membangun kompetensi dan keterampilan yang lebih bermakna dalam kehidupan manusia. Dari waktu ke waktu selalu ada pergeseran kompetensi untuk bisa bertahan di era ini.

Advertisement

"Keterampilan utama yang harus dimiliki di era ini, merujuk pada keterampilan dalam penyelesaian masalah kompleks, berpikir kritis, kreativitas, mengelola orang dan berkoordinasi," kata dia, Kamis (8/8).

Ia menambahkan, ada banyak faktor yang memengaruhi pergeseran ini, salah satunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Secara umum, dari gambarannya secara personal, lima tahun mendatang seharusnya pemerataan pendidikan di Indonesia sudah terjadi. Hal ini ditunjukkan dengan infrastruktur dan teknologi yang sudah semakin siap.

Rektor UAD, Kasiyarno menyebutkan, Prof. Dwi merupakan guru besar yang kelima di UAD, sekaligus guru besar yang kedua dikukuhkan pada 2019. Ia berharap ke depan, semakin banyak dosen UAD yang menyandang status guru besar.

“saat ini kami memiliki target akselerasi dosen bergelar doktor dan profesor. Hal ini dilakukan untuk mendukung UAD menjadi perguruan tinggi yang semakin baik,” ujarnya.

Ia menambahkan, Dwi Sulisworo dikukuhkan sebagai guru besar setelah bekerja keras meneliti dan mengabdi di berbagai wilayah terpencil di Indonesia. Dwi mengenalkan Mobile Learning di sekolah-sekolah yang masih awam dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah V, Prof. Didi Achjari mengapresiasi UAD sebagai perguruan tinggi swasta, terus menunjukkan kualitasnya dengan menambah guru besar.

LL DIKTI Wilayah V akan terus bekerja keras memberikan pelayanan bagi PTS yang ada di bawah naungan LL Dikti Wilayah V, sebagai upaya agar lebih banyak guru besar baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement