Advertisement

Mahfud MD Ikut Garebek Gunungan di Kraton Jogja, Seperti Ini Penampakannya

Newswire
Senin, 12 Agustus 2019 - 21:17 WIB
Nina Atmasari
Mahfud MD Ikut Garebek Gunungan di Kraton Jogja, Seperti Ini Penampakannya Mantan ketua MK Mahfud MD panjat gunungan kakung saat garebek besar di kepatihan. - Suara.com/Putu Ayu P

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Ada pemandangan berbeda dalam garebek gunungan agung Hajat Dalem Garebek Besar 1953 di Kepatihan, Senin (12/8/2019).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dan Sekda DIY Gatot Saptadi ikut berebut gunungan.

Advertisement

Keduanya berebut mengambil berbagai hasil bumi dari gunungan dan kemudian dibagikan pada ratusan masyarakat DIY yang ikut tradisi tersebut.

Mengenakan beskap dan blangkon serta kain jarik, Ketua Paramporoprojo Kraton Jogja itu antusias naik ke pucuk gunungan. Selain Mahfud dan Gatot, para kepala dinas di lingkungan pemerintah DIY juga mengikuti hajat dalem ini.

Usai mengikuti prosesi, Mahfud pun memberi penjelasan tentang upacara tersebut.

"Garebekan ini upacara kebudayaan yang berbasis agama Islam. Tidak ada di daerah lain. Garebekan dilaksanakan tiga kali, yaitu Idulfitri, Iduladha dan Maulud Nabi. Itu menunjukkan Islam bisa berakulturasi dengan kebutuhan lokal," paparnya.

Akulturasi Islam itu, menurut Mahfud, bisa diwujudkan dalam budaya lokal seperti pakaian tradisional seperti yang dikenakannya ataupun menggunakan jas laiknya orang Barat.

"Sebab, Islam tidak berarti harus mengenakan baju koko atau gamis karena toh baju koko berasal dari Cina. Islam itu hidup dan ada dimana-mana," ungkapnya.

Masih menurut Mahfud, Islam berkembang cukup baik di DIY. Agama ini dilaksanakan syariatnya oleh penduduknya dan kemudian dikombinasikan didalam variasi tampilannya tanpa menghilangkan akidahya.

"Hal ini menandakan indahnya Islam sebagai rahmatan il alamin dan indahnya Indonesia sebagai bhineka tunggal ika," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement