Selamat, Wakil Rakyat Kulonprogo yang Baru Resmi Bertugas

Proses pembacaan sumpah dan janji jabatan para anggota DPRD Kulonprogo periode 2019-2024 di ruang rapat DPRD Kulonprogo, Kecamatan Pengasih, Senin (12/8/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
12 Agustus 2019 16:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Calon legislatif terpilih dalam Pemilu 2019 di Kabupaten Kulonprogo akhirnya dilantik menjadi anggota DPRD Kulonprogo periode 2019-2024, Senin (12/8/2019). Pelantikan ini dilangsungkan dalam Rapat Paripurna, dengan agenda Pengucapan Sumpah dan janji jabatan dan pengumuman pimpinan sementara dewan di ruang rapat DPRD setempat.

Proses pembacaan sumpah dan janji itu dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Wates, Marlius. Sebanyak 39 dari 40 anggota DPRD Kulonprogo periode anyar mengikuti prosesi tersebut. Salah satu anggota atas nama Agung Raharjo, dari PKS terpaksa absen karena sedang menunaikan ibadah haji.

Kendati begitu, yang bersangkutan tetap dinyatakan sebagai anggota DPRD. Namun tetap harus mengikuti proses pembacaan sumpah dan janji sepulang dari Makkah, Arab Saudi. Nanti anggota yang tidak hadir ini akan tetap membacakan sumpah janji yang dipimpin oleh pimpinan dewan sementara.

Untuk pimpinan sementara di posisi ketua dijabat oleh Akhid Nuryati dari PDIP dan jabatan wakil ketua, diduduki Ponimin Budi Hartono dari PAN.

Dalam menentukan pimpinan sementara ini, menggunakan patokan, yakni ketua dan wakilnya dijabat oleh anggota dari partai yang mendapatkan perolehan suara terbanyak satu dan dua serta jumlah kursi yang diperoleh partai yang bersangkutan. Adapun PDIP dalam pemilu 2019 berhasil mengantarkan 12 caleg ke dewan. Jumlah ini paling banyak dibandingkan partai lain dan caleg PDIP atas nama Akhid Nuryati berhasil memperoleh suara terbanyak yakni 5.615.

Posisi kedua partai yang mampu membawa banyak caleg melenggang ke kursi dewan diduduki oleh PAN dan Gerindra. Masing-masing sebanyak enam kursi. Akan tetapi yang dipilih menjadi wakil ketua sementara dari PAN, yaitu Ponimin Budi Utomo. Dipilihnya Ponimin karena dalam pemilu kemarin yang bersangkutan meraih suara terbanyak dari seluruh caleg PAN dan Gerindra yaitu sebanyak 4.942 suara.

Ketua DPRD Kulonprogo sementara periode 2019-2024, Akhid Nuryati mengatakan agenda terdekat yang akan dilakukan para legislator baru ini yaitu mendengarkan pidato kemerdekaan Presiden Republik Indonesia pada 16 Agustus yang dilanjutkan dengan upacara detik-detik proklamasi sehari berselang.

Kemudian akan dilanjutkan dengan pembentukan pimpinan definitif, tata tertib dewan dan Alat Kelengkapan (Alkap). Di tata tertib inilah proses pembentukan alkap dimulai. "Kami upayakan proses ini bisa dilangsungkan secepatnya, karena kemarin kami sudau adakakan pertemuan dengan teman-teman fraksi yang inkumben soal penyusunan alkap secara proporsional dan profesional, kita kedepankan DPRD periode ini lebih optimal," kata Akhid saat ditemui awak media usai pelantikan.

Perempuan yang pada periode lalu menjabat sebagai Ketua DPRD Kulonprogo ini mendorong seluruh anggota dewan dalam melaksanakan ketugasannya bisa menjaga transparansi dan akuntabilitas. Termasuk lebih optimal dalam mengakomodir aspirasi masayarakat.

Wakil Bupati Sutedjo yang membacakan sambutan gubernur mengharapkan dewan yang baru ini bisa menjaga dan melaksanakan tugas pengawasan, memegang teguh etika politik dan selalu berpedoman dengan regulasi yang ada.

Calon Bupati Kulonprogo ini juga meminta kepada para legislator untuk bisa memperjuangkan aspirasi warga Kulonprogo. Menurutnya keterwakilan di dalam DPRD harus bisa dimaksimalkan dalam menjalankan fungsi dan peran DPRD. "Tidak kalah penting untuk senantiasa menjaga lembaga agar tidak terlibat dalam Korupsi, Kolusi dan Nepotisme," ucapnya.