Advertisement

PPP dan Nasdem Sepakat Bikin Fraksi di DPRD Sleman

Yogi Anugrah
Kamis, 15 Agustus 2019 - 14:17 WIB
Arief Junianto
PPP dan Nasdem Sepakat Bikin Fraksi di DPRD Sleman Ilustrasi DPRD

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) bakal bergabung membentuk fraksi gabungan di DPRD Kabupaten Sleman.

“Insyaallah PPP berkolaborasi dengan Nasdem, karena sama-sama memiliki tiga kursi,” kata Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PPP Sleman HM Nasikhin, Kamis (15/8/2019).

Advertisement

Lebih lanjut, Nasikhin mengatakan pihaknya telah menjalin komunikasi dengan Nasdem. Untuk penentuan siapa yang nantinya menjadi ketua fraksi, kata dia, masih sedang dalam tahap pembicaraan.

“Kami harus sama-sama bersepakat dengan pembagian yang adil. Untuk nama fraksi juga nanti akan kami tentukan. Kami akan bertemu dan duduk bersama membahas yang terbaik bagi kedua partai,” ucap dia.

Disinggung mengenai pembentukan Alat Kelengkapan Dewan, ia mengatakan PPP tetap mengacu pada kesepakatan bersama. “Kami bersepakat dalam koalisi fraksi ingin yang terbaik dan melahirkan komitmen bersama demi kenyamanan anggota Dewan,” kata dia.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Nasdem Sleman, Surana mengatakan hal yang serupa, sebagai anggota dewan maupun struktural partai, ia mengaku sudah berkomunikasi dan diskusi terkait dengan pembentukan Fraksi di DPRD Sleman dengan PPP. “Sudah diskusi dan rembuk Kemungkinan besar dengan PPP,” kata dia, Kamis.

Terkait dengan pembentukan alat kelengkapan Dewan, ia mengatakan Nasdem berharap pembagian dilakukan proporsional. “Sharing profesional dan sharing proporsional, nanti dapat alat kelengkapan Dewan dari fraksi berapa, nanti dibagi dengan PPP,” kata dia.

Sebagai catatan, pada Pemilu 2019, PPP mendapatkan tiga kursi di DPRD Sleman, raihan ini menurun dari pemilu 2014 dimana PPP mendapatkan empat kursi. Tiga kursi tersebut berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3, Dapil 5 dan Dapil 6. Partai Nasdem juga mendapatkan tiga kursi dari dapil 3, dapil 6, dan dapil 6. Raihan ini menurun dari lima kursi yang didapatkan Nasdem pada Pemilu 2014.

Sekretaris DPRD Kabupaten Sleman Fransisca Retno Wisudawati mengatakan agenda terdekat para anggota Dewan adalah menyusun Tata Tertib DPRD. “Kemudian setelahnya akan membentuk fraksi-fraksi maupun maupun alat kelengkapan (alkap) Dewan lainnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement