Jalan di Gedangsari Berlubang dan Bahayakan Warga

Ilustrasi jalan rusak - JIBI
21 Agustus 2019 20:12 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kerusakan jalan di Dusun Candi, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, hingga kini belum diperbaiki. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul segera mengecek untuk memperbaiki jalan yang rusak.

Seorang warga Dusun Candi, Triyanto, mengungkapkan jalan yang ada di depan rumahnya sudah lama berlubang dan tidak kunjung diaspal. Warga setiap harinya harus berhati-hati ketika melintas dengan kendaraan bermotor. "Jalannya berlubang di mana-mana kalau tidak hati-hati bisa jatuh," ujarnya kepada Harian Jogja, Rabu (21/8/2019).

Triyanto menyebut hal yang membuat jalan di desanya rusak lantaran setiap hari dilalui oleh kendaraan berat seperti truk dan truk tangki pengangkut air. Menurutnya, jalan tersebut menjadi akses utama dari Kabupaten Gunungkidul ke Kabupaten Klaten. "Banyak truk bermuatan berat lewat sini, jadi jalan cepat rusak," katanya.

Warga lainnya, Sukino, menjelaskan di bahu jalan sudah dipasangi batu sebagai penanda bagi pengendara yang lewat agar berhati-hati. "Di beberapa titik ada yang aspalnya longsor padahal di sebelahnya parit sehingga sangat berbahaya jika terperosok," kata Sukino. Ia berharap segera ada upaya perbaikan jalan dari Pemkab Gunungkidul.

Kepala Seksi Pembangunan DPUPRKP Gunungkidul, Ashari Nurkhalis, mengatakan jajarannya segera mengecek status jalan yang rusak tersebut. "Dilihat dulu statusnya masuk jalan desa atau jalan kabupaten," ucapnya.

Ia menyatakan, apabila ruas jalan yang dimaksud adalah bagian dari rencana pengaspalan pada tahun ini yakni dari Hargomulyo sampai Tegalrejo, Gedangsari, maka perbaikan bisa segera dilakukan. Panjang jalan yang akan diaspal kurang lebih 4,9 kilometer. "Kalau masuk ruas itu berarti segera diperbaiki," katanya.