Pilkada Bantul 2020: Nasdem Klaim Didekati Halim dan Dewa

ilustrasi. - dok
29 Agustus 2019 09:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Bantul belum memutuskan akan mendukung siapa dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Bantul. Namun Nasdem mengklaim sudah didekati banyak bakal calon yang akan berlaga dalam pilkada Bantul.

“Yang sudah komunikasi dengan kami dari tokoh calon ada pak Halim [Abdul Halim Muslih], ada pak Dewa [Dewata Eka Putra],” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Nasdem Bantul, Bibit Rustamta, saat dihubungi Rabu (28/8/2019).

Bibit mengatakan Demokrat masih menimbang semua bakal calon yang akan didukungnya dengan terlebih dahulu melakukan survei pada September sampai Februari 2020 mendatang. Survei tersebut, kata dia, murni dilakukan oleh partai dan pihak ketiga yang dibiayai langsung oleh partai tanpa meminta imbalan dari bakal calon yang disurvei.

Ia menyatakan partainya tidak akan meminta mahar kepada bakal calon yang akan didukungnya. Itulah sebabnya, Bibit mengklaim Nasdem banyak dilirik oleh sejumlah tokoh yang ingin maju dalam pilkada. Menurut dia, semua bakal calon yang akan didukung tetap melalui survei.

“Nanti hasil survei siapa yang paling banyak didukung oleh masyarakat atau paling dikehendaki itulah pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan kami dukung,” ujar Bibit.

Diketahui hasil pemilihan legislatif 2019 beberapa waktu lalu, perwakilan Nasdem di DPRD Bantul hanya satu kursi atau dengan jumlah suara sekitar 24.690 suara. Dengan perolehan satu kursi, mau tidak mau Nasdem harus bergabung dengan partai lainnya dalam mengusung bakal calon bupati wan wakil bupati di Pilkada 2020 mendatang.

Ketua Tim Sukses Dewata Eka Putra, Datin Wisnu Pranyoto mengatakan pihaknya terus menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik di Bantul termasuk dengan Demokrat dan Gerindra. Menurut dia, semua partai politik masih terbuka untuk menerima siapapun dalam proses penjaringan dan pendaftaran melalui mekanisme yang dimiliki masing-masing partai.

Sampai saat ini belum ada partai memastikan akan mendukung siapa. Karena itu Dewa Eka Putra belum memiliki kendaraan dalam pencalonannya juga memiliki kesempatan untuk meraih dukungan partai, “Kami masih lobi-lobi politik,” kata Datin.

Ia memastikan keseriusan Dewa Eka Putra dalam pencalonan bupati dan wakil bupati Bantul. Hal itu dibuktikan dengaan adanya relawan di setiap kecamatan, salah satunya Baladewa dan Sahabat Dewa, “Pak Dewa ingin Kabupaten Bantul lebih baik, ingin ekonomi kreatif di Bantul bisa tumbuh,” kata Datin.

Dewata Eka Putra merupakan pengusaha di Bantul. Pemilik Pujha Fashion ini memiliki outlet di sejumlah tempat di DIY dan Jawa Tengah. Selain itu Dewata juga merupakan ketua Ikatan Off-Road Federation (IOF) DIY.