PELANTIKAN DPRD DIY: Sultan Ingatkan Anggota Dewan Baru soal Korupsi

Sultan HB X memberikan keterangan kepada wartawan setelah apel operasi lilin Progo 2018 di Mapolda DIY, Jumat (21/12/2018). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
02 September 2019 16:17 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sebanyak 55 Anggota DPRD DIY periode 2019-2024 dilantik, Senin (2/9/2019). Seusai melantik para anggota DPRD DIY, Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap agar seluruh anggota mampu menjaga integritas dan menjauhi korupsi.

"Kepada segenap anggota DPRD DIY yang baru saja mengucapkan sumpah/janji dan dilantik, sekali lagi Saya ucapkan Selamat Bekerja dalam mengemban amanat rakyat. Saya percaya tugas-tugas yang harus dilaksanakan sangat luas, beragam dan tentunya sangat berat," kata Sultan.

"Tetaplah berpegang teguh dan mengikuti mekanisme pada ketentuan peraturan-perundangan yang berlaku, sehingga misi pembangunan dapat tercapai sesuai dengan harapan kita semua," tambahnya.

Dijelaskan Sultan, para anggota dewan adalah pemegang mandat rakyat. Tak hanya sekedar citra, namun juga harus bisa diwujudkan dalam pola pikir, perkataan dan pengambilan keputusan: satu kata dan perbuatan! "Bapak, Ibu dan Saudara-saudara anggota dewan adalah harapan baru, yang bisa menuntaskan agenda reformasi, antara lain otonomi daerah yang seluas-luasnya, penegakkan supremasi hukum, maupun pemerintahan yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)," kata Sultan.

Menurut Sultan, pemberantasan KKN dan penegakan hukum masih menjadi pekerjaan rumah. Anggota dewan, harus mempunyai hati nurani dan obligasi moral untuk menuntaskan pemberantasan KKN dan penegakan supremasi hukum yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat. "Kedudukan terhormat Bapak, Ibu dan Saudara-saudara sekalian sebagai anggota dewan jangan sampai terkotori sehingga malah justru memperkeruh dan memperlambat jalannya reformasi birokrasi," kata Sultan.

"Saya berharap Kita mewaspadai bahaya laten korupsi, ingat sesanti sapa yitna bakal yuwana, lena kena ! Semua jabatan hendaknya disadari sebagai sebuah amanah. Jalankan amanah dengan berbudi bawa laksana, karena ngupakara amanah akan membawa kita semua menuju tataran hidup Jaya-Jaya Wijayanti Nir Ing Sambekala," katanya.

Sultan juga berpesa agar para anggota DPRD yang baru untuk menjaga kualitas DPRD yang merepresentasikan pluralitas aspirasi dan kepentingan masyarakat DIY. Dengan cara ini, lanjut Sultan, dinamika politik yang berlangsung dapat semakin dekat dengan perkembangan aspirasi, tuntutan dan kepentingan masyarakat. "Pada akhirnya, makna hakiki DPRD sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan bisa terwujud," kata Sultan.