Advertisement

Pemkab Optimistis Status UGG Gunungsewu Dapat Dipertahankan

David Kurniawan
Selasa, 03 September 2019 - 14:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pemkab Optimistis Status UGG Gunungsewu Dapat Dipertahankan Geopark Gunungsewu - JIBI/Dokumen

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul optimistis status UNESCO Global Geopark Gunungsewu dapat dipertahankan. Rencananya pengumuman hasil revalidasi dilakukan dalam pertemuan Asian Pasific Geopark Network (APGN) di Rinjani, Lombok, Jumat (6/9/2019).

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan saat ini berlangsung simposium APGN di Rinjani, Lombok. Acara ini sudah berlangsung Senin (2/9/2019) hingga Jumat. Menurut dia, salah satu agenda di dalam simposium yakni mengumumkan hasil revalidasi UGG Gunungsewu serta pengumuman jaringan UGG terbaru. “Saat ini masih berlangsung acara dan pengumuman dilaksanakan di hari terakhir simposium,” kata Hary kepada wartawan, Selasa (3/9/2019).

Advertisement

Dia menjelaskan keyakinan untuk mempertahankan status UGG tidak lepas dari pelaksanaan penilaian ulang. Meski secara resmi belum diumumkan, dari sisi peninjauan semua indikator dalam penilaian dapat dipenuhi.

Hary menjelaskan di dalam penilaian ulang terdapat hal yang membanggakan karena masyarakat di sekitar situs memiliki partisipasi aktif dalam upaya menjaga kelestarian. Selain itu, keberadaan situs juga berperan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Dengan indikator ini kami optimistis green card bisa diperoleh dan status UGG Gunungsewu dapat dipertahankan,” kata mantan Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Pariwisata Gunungkidul ini.

Status UGG memiliki makna penting untuk keberadaan kawasan karts Gunungsewu. Menurut Hary, dengan status tersebut selain untuk menjaga keberadaan situs dengan upaya konservasi, juga berperan untuk program edukasi dan pemberdayaan masyarakat. “Pengukuhan status sangat dibutuhkan, tapi yang paling penting keberadaanya bisa memberikan manfaat,” katanya.

Anggota DPRD Gunungkidul, Antos Supriyadi, menyatakan status UGG Gunungsewu harus memberikan manfaat baik untuk masyarakat maupun Pemkab. “Potensi karst Gunungsewu sangat besar, salah satunya dalam upaya pengembangan sektor kepariwisataan. Jadi potensi ini harus benar-benar dimanfaatkan sehingga status UGG bisa memberikan dampak yang baik,” katanya, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement