Hari Pelanggan, Alfamidi 'Rampok' Tas Kresek

Memperingati Hari Pelanggan Nasional (Hapelnas) Karyawan Alfamidi Jogja mengganti tas kresek pengunjung Malioboro dengan tas belanjaan berbahan kain yang ramah lingkungan, Rabu (4/9/2019). - Harian Jogja/Ist
05 September 2019 12:17 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Dalam rangka meramaikan Hari Pelanggan Nasional (Hapelnas), Direksi dan Managemen PT Midi Utama Indonesia Tbk, terjun melayani pelanggan secara langsung. Alfamidi juga mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan tas plastik kresek.

Branch Manager Alfamidi Cabang Jogja Widodo mengungkapkan tahun ini peringatan Hapelnas dipusatkan di Toko Alfamidi Super Tegalrejo, Jogja. Secara bergantian jajaran manajemen melayani pelanggan di counter fresh food.

"Kami harus belajar memotong buah yang layak untuk dijual, ini tantangan tersendiri karena selama ini kan kami hanya membeli dan mengonsumsinya," jelasnya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis (5/9/2019).

Selain menerima tantangan memotong buah, jajaran manajemen juga ditantang untuk menawarkan program-program marketing yang sedang berjalan. "Ternyata banyak sekali programnya dan itu harus ditawarkan," ujarnya sambil tertawa.

Dijelaskan Widodo, selain menjadi program nasional, pada Hapelnas tahun ini ada inisiatif program yang dilakukan di Jogja. Mereka menggelar program 'Rampok' Plastik di sepanjang Malioboro.

"Ada ratusan kantong plastik kresek yang kami 'rampok' dari pengunjung Malioboro. Tas kresek tersebut kemudian kami ganti dengan tas belanjaan berbahan kain ramah lingkungan," katanya.

Program 'Rampok' Plastik Kresek tersebut, lanjut Widodo, sejalan dengan program pemerintah untuk terus mengurangi penggunaan plastik kresek. "Ada sekitar 50 orang karyawan yang akan berkeliling bersama badut dan Punokawan. Nanti plastik kresek yang kami dapat akan dimusnahkan. Ini untuk mengubah pola hidup masyarakat agar tidak menggunakan tas belanjaan dari kresek," katanya.

Corporate Communication Manager Alfamidi Arif L. Nursandi mengatakan kegiatan Hapelnas 2019 ini dijalankan di sembilan kantor cabang Alfamidi di seluruh Indonesia. Tidak hanya menjadi kasir, direksi dan jajaran managemen lainnya juga melayani pelanggan di bagian fresh food.

"Kami tetap sepenuh hati untuk melayani pelanggan. Ini bagian dari apresiasi kami kepada pelanggan," katanya.

Bagi pelanggan yang beruntung dengan belanja produk sponsor terbanyak, kata Arif, akan mendapatkan bingkisan dari Alfamidi. "Hapelnas adalah momen pas untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan, semoga kegiatan ini dapat memotivasi tim kami yang bertugas di toko," pungkas Arif.