Advertisement

Ratusan Peserta Jelajahi Medan Menantang di Ajang Nglanggeran Mountain Bike 2019

Yudhi Kusdiyanto
Selasa, 10 September 2019 - 22:37 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Ratusan Peserta Jelajahi Medan Menantang di Ajang Nglanggeran Mountain Bike 2019 Peserta melintas di jalur menurun dalam event Nglanggeran Mountain Bike 2019, Minggu (8/9/2019). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Ratusan pesepeda dari berbagai daerah di DIY dan Jawa Tengah mengikuti Nglanggeran Mountain Bike 2019 yang digelar di kawasan Gunung Api Purba, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Minggu (8/9/2019).

Nglanggeran Mountain Bike merupakan acara tahunan yang digelar pengelola kawasan ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran bersama Dinas Pariwisata DIY. Para penghobi olahraga sepeda gunung diajak menyusuri jalanan di kawasan Nglanggeran dengan berbagai medan yang menantang.

Advertisement

Sekretaris Daerah Gunungkidul, Drajat Ruswandono, mengatakan Nglanggeran Mountain Bike 2019 merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh pencinta sepeda gunung. Menurutnya, acara ini dapat mengenalkan wisata di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran kepada masyarakat, sehingga ke depan angka kunjungan wisatawan terus meningkat. “Event ini sangat membantu promosi kepariwisataan, sehingga diharapkan acara ini semakin meriah dan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar,” kata Drajat dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (10/9/2019).

Nglanggeran Mountain Bike 2019 diikuti 600 peserta. Mereka dikenalkan kawasan heritage Gunungkidul sambil berekreasi menikmati keindahan panorama perdesaan. Dalam perjalanannya, para peserta dihadapkan pada rute yang menantang seperti menyusuri jalanan terjal, berkelok dan turunan tajam di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengatakan Nglanggeran Mountain Bike yang digelar untuk kelima kalinya selain untuk mengenalkan destinasi wisata Nglanggeran juga menjadi upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Warga setempat bisa merasakan manfaatnya. Banyak yang kemudian membuka warung kuliner dan oleh-oleh sehingga menambah pendapatan ekonomi,” kata Singgih. Ke depan, Singgih berharap Nglanggeran Mountain Bike dapat ditingkatkan ke level nasional bahkan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement