Advertisement

UMY Kembangkan Lukis Api di Desa Mangunan

Arief Junianto
Senin, 30 September 2019 - 08:07 WIB
Arief Junianto
UMY Kembangkan Lukis Api di Desa Mangunan Ilustrasi pameran produk kerajinan. - Harian JOgja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Desa Mangunan, Kecamatan Mangunan, Bantul jadi lokasi sasaran Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Melalui program bertema Desa Mangunan sebagai Wisata Desa Unggulan yang Kompetitif dan Berbudaya, tiga dosen UMY, yakni Tanto Lailam, Awang Darumurti, dan Ani Yunita, fokus mengembangkan potensi yang sudah ada di daerah itu, yakni kerajinan.

Dalam program yang dilaksanakan sejak Mei-Oktober tersebut, ketiga dosen itu fokus pada pengembangan wisata kerajinan lukis api yang selama ini diproduksi oleh Latar Omah Art.

Advertisement

Salah satu dosen penanggung jawab PPDM UMY di Desa Mangunan, Tanto Lailam menjelaskan ada beberapa program yang dilakukan oleh tim, yakni memberikan bantuan alat lukis api untuk pengembangan inovasi kerajinan, memberikan pelatihan terkait kerajinan lukis api, dan pemfasilitasian paket wisata live in.

Tak hanya itu, Tanto dan dua dosen lainnya juga itu juga memfasilitasi pelatihan pengelolaan homestay, kuliner, hingga promosi produk kerajinan. Hal itu dilakukan untuk memberikan alternatif wisata di Desa Mangunan, yang selama ini masih fokus di wisata alam.

Di Mangunan ada homestay Sahara juga yang dikelola oleh Latar Omah Art. Pemasaran homestay itu sudah mencapai tingkat nasional, bahkan internasional,” ujar Tanto, melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (28/9/2019).

Dia menjelaskan kerajinan lukis api merupakan lukisan dengan menggunakan kayu sebagai mediumnya. Produk yang telah dihasilkan beragam, mulai dari lukisan wajah manusia, lukisan keindahan alam dan karya lainnya. Setiap pengunjung yang bermalam di Sahara mendapatkan edukasi dan praktik lukis api, sekaligus membawa pulang oleh-oleh lukisan tersebut,” ucap Tanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement