Advertisement

Kontrak Diputus, Proyek Drainase Supomo di Jogja Tahun Ini Dipastikan Mangkrak

Lugas Subarkah
Rabu, 02 Oktober 2019 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Kontrak Diputus, Proyek Drainase Supomo di Jogja Tahun Ini Dipastikan Mangkrak Pengendara motor melintas di dekat lubang proyek Saluran Air Hujan yang mangkrak, di Jalan Babaran, Rabu (28/8/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan memutus kontrak dengan kontraktor pemenang lelang perbaikan Saluran Air Hujan (SAH) Supomo Cs yang terjerat kasus korupsi. Alhasil, proyek yang sudah sempat dikerjakan itu tahun ini dipastikan mangkrak.

Keputusan putus kontrak merupakan tindaklanjut setelah keluar rekomendasi dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Meski demikian, status putus kontrak baru terwujud setelah kontraktor ditetapkan terpidana.

Advertisement

Kepala Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Kota Jogja, Sukadsrisman, mengatakan asumsi setelah pemutusan kontrak antara Pemkot Jogja dengan kontraktor paket Perbaikan SAH Supomo Cs kemungkinan besar tidak akan dilelang lagi untuk melanjutkan pekerjaan.

"Hal ini mengingat waktu proses lelang yang cukup panjang dan waktu pelaksanaan pengerjaan yang sudah limit dengan akhir tahun anggaran 2019," ujarnya.

Sementara jika di tahun anggaran berikutnya apakah akan diulang lagi lelang dan pengerjaannya, kata dia itu tergantung bagaimana kebijakan dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja.

Koordinator Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja, Baharuddin Kamba, menyayangkan kelambatan Pemkot dalam menangani proyek yang telah mangkrak itu, sementara masyarakat sudah sangat terganggu.

Ia mengungkapkan Kabirohumas KPK, Febry Diansyah, beberapa waktu lalu telah menyatakan KPK fokus hanya pada penanganan perkaranya. Mereka tidak mempunyai kewenangan untuk memberikan fatwa atau menilai lanjut atau tidaknya proyek SAH itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran 2024, AirAsia Angkut 310 Ribu Penumpang

News
| Rabu, 17 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement