Aplikasi Siga Resmi Diluncurkan

Para peserta Bimtek Siga berfoto bersama di Hotel Santika Premiere Yogyakarta, Kamis (10/10/2019). - Istimewa/DP3AP2 DIY
10 Oktober 2019 23:27 WIB Arief Junianto Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY merilis aplikasi baru bertajuk Sistem Informasi Gender dan Anak (Siga). Lewat aplikasi berbasis android itu, masyarakat bisa mengakses data secara realtime, baik itu data jumlah korban kekerasan dalam rumah tangga, maupun data indikator gender dan anak.

Kepala Seksi (Kasi) Data Informasi Gender dan Kerja Sama DP3AP2 DIY Arif Nasiruddin dalam Bimtek Siga DIY di Hotel Santika Premiere Yogyakarta, Kamis (10/10) mengatakan aplikasi tersebut didukung oleh pangkalan data penanganan korban kekerasan dari 83 lembaga layanan di DIY.

Dia menambahkan aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengakses berbagai publikasi informasi terkait dengan pengarusutaman gender dan perlindungan anak. “Juga berbagai berita terkait dengan pengarusutamaan gender serta perlindungan anak,” ucap dia melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis.

Menurut dia informasi tentang isu-isu atau permasalahan yang terkait dengan gender misalnya isu kekerasan terhadap perempuan dan anak, kekerasan dalam rumah tangga serta indikator-indikator pemenuhan hak anak kini sudah jadi kebutuhan bagi masyarakat. Salah satunya adalah sebagai pengingat tentang kondisi permasalahan tersebut di masyarakat.

Melalui aplikasi tersebut diharapkan masyarakat umum peneliti dan kaum akademisi lebih mudah mengakses berbagai informasi terkait dengan gender dan anak. Dengan begitu pemahaman terhadap isu-isu gender dan anak pun jadi semakin terbuka.

“Dampak positifnya, kami berharap upaya untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tesebut bisa lebih diupayakan. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore dan dapat diunduh dan diinstal secara gratis dengan nama Siga DIY Mobile,” ucap dia.