Advertisement

Aplikasi Siga Resmi Diluncurkan

Arief Junianto
Kamis, 10 Oktober 2019 - 23:27 WIB
Arief Junianto
Aplikasi Siga Resmi Diluncurkan Para peserta Bimtek Siga berfoto bersama di Hotel Santika Premiere Yogyakarta, Kamis (10/10/2019). - Istimewa/DP3AP2 DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY merilis aplikasi baru bertajuk Sistem Informasi Gender dan Anak (Siga). Lewat aplikasi berbasis android itu, masyarakat bisa mengakses data secara realtime, baik itu data jumlah korban kekerasan dalam rumah tangga, maupun data indikator gender dan anak.

Kepala Seksi (Kasi) Data Informasi Gender dan Kerja Sama DP3AP2 DIY Arif Nasiruddin dalam Bimtek Siga DIY di Hotel Santika Premiere Yogyakarta, Kamis (10/10) mengatakan aplikasi tersebut didukung oleh pangkalan data penanganan korban kekerasan dari 83 lembaga layanan di DIY.

Advertisement

Dia menambahkan aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengakses berbagai publikasi informasi terkait dengan pengarusutaman gender dan perlindungan anak. “Juga berbagai berita terkait dengan pengarusutamaan gender serta perlindungan anak,” ucap dia melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis.

Menurut dia informasi tentang isu-isu atau permasalahan yang terkait dengan gender misalnya isu kekerasan terhadap perempuan dan anak, kekerasan dalam rumah tangga serta indikator-indikator pemenuhan hak anak kini sudah jadi kebutuhan bagi masyarakat. Salah satunya adalah sebagai pengingat tentang kondisi permasalahan tersebut di masyarakat.

Melalui aplikasi tersebut diharapkan masyarakat umum peneliti dan kaum akademisi lebih mudah mengakses berbagai informasi terkait dengan gender dan anak. Dengan begitu pemahaman terhadap isu-isu gender dan anak pun jadi semakin terbuka.

“Dampak positifnya, kami berharap upaya untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tesebut bisa lebih diupayakan. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore dan dapat diunduh dan diinstal secara gratis dengan nama Siga DIY Mobile,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement