Jelang Pelantikan Presiden, Polres Bantul Siaga

Jokowi - Maruf Amin. - Ist/ twitter @Pramonoanung
13 Oktober 2019 06:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Kepolisian Resor Bantul menyatakan siaga menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden RI, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada 20 Oktober mendatang.

“Status kami siaga,” kata Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono, seusai Rapat Koordinasi Komprehensif Persiapan Pilkada 2020 di Gedung Parasamya, Komplek Pemerintahan Kabupaten Bantul, Jumat (11/10/2019).

Wachyu memastikan jajarannya akan memantau dan mendeteksi dini setiap pergerakan elemen masyarakat, termasuk memantau kampus untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pergerakan atau mobilisasi massa untuk menyampaikan aspirasi bersamaan dengan momen pelantikan presiden dan wakil presiden.

“Kami pastikan semua pergerakan elemen masyarakat atau lainnya yang akan melaksanakan aksi unjuk rasa menolak pelantikan presiden dan wakil presiden akan termonitor,” ujar Wachyu.

Komandan Kodim Bantul 0729, Letnan Kolonel Dedi Carsidi juga menyatakan TNI siap membantu pengamanan dan siaga dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi. "Kami tetap waspada dan siaga. Kemungkinan yang tidak diarapkan kami siap,” kata Dedi.

Pihaknya akan terus memantau situasi dan kondisi wilayah jelang pelantikan presiden dan wakil presiden. “Sampai saat ini kami belum mendapat laporan gerakan dari kelompok tertentu [yang ingin menggagalkan proses pelantiakn presiden dan wakil presiden],” tegas Didi.

Diketahui Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden RI akan digelar pada 20 Oktober mendatang, sekitar pukul 14.00 WIB di gedung MPR RI.