Warga Diminta Waspadai Material Merapi yang Tertampung di Sungai Gendol

Penampakan Kali Gendol dari Bendungan Kali Gendol di Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Kamis (31/1/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
10 November 2019 09:17 WIB Sunartono Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Menjelang musim hujan, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja mengingatkan warga dan semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan ketika beraktivitas di sekitar Sungai Gendol yang berhulu di Gunung Merapi.

Kepala BPPTKG Jogja Hanik Humaida mengatakan meski aktivitas Gunung Merapi tergolong kecil dalam beberapa aktu terakhir, ada material yang terlontar.

“Dengan material [yang diluncurkan] enggak [signifikan], ada itu sedikit yang terlontar, tetap waspada iya, karena material jumlah sedikit itu pasti tertampung di hulu Sungai Gendol. Cuma kalau banjir lahar dan sebagai itu kewenangan BBWSO, seberapa jauh potensi laharnya, kalau untuk Merapi cenderung dipengaruhi oleh aktivitas dalam, sangat kecil kemungkinan dipicu oleh waktu hujan,” katanya, Sabtu (9/10/2019).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Biwara Yuswantana mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di sekitar Sungai Gendol untuk meningkatkan kewaspadaan jelang musim hujan. Meski pun pengamatan BPPTKG kondisi kubah lava dinyatakan masih stabil.

“Kalau di atas misalnya hujan deras, ya sebaiknya menjauh dari sungai. Kondisi sungai Gendol sekarang ibarat jalan tol, bila terjadi hujan dan ada lahar hujan itu alirannya sangat kencang, kondisi ini perlu diwaspadai,” katanya.