Diterjang Banjir Kiriman, Truk Molen Terjebak di Sungai Progo

Evakuasi truk yang terjebak di Sungai Progo, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Sabtu (31/11/2019) malam. - Ist. Basarnas Jogja
01 Desember 2019 19:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebuah truk molen terjebak di aliran Sungai Progo, Sabtu (30/11/2019) malam. Sang sopir, Puji Handoko, 29, yang saat kejadian berada di dalam truk tersebut menjadi korbannya. Sempat bertahan hingga 45 menit, warga Tamantirto, Kasihan, Bantul ini akhirnya bisa dievakuasi Tim SAR Gabungan dalam kondisi selamat.

Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto menerangkan peristiwa bermula saat dua truk molen tengah melakukan drop adukan semen di proyek, bawah Jembatan Ngapak, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, sekitar pukul 19.30 WIB. Lokasi tersebut masuk area Sungai Progo. 

Mendadak aliran sungai meluap dan menerjang dua kendaraan tersebut. Satu truk berhasil menyelamatkan diri. Sementara truk yang dikemudikan Puji tertahan di tengah sungai. Diduga luapan air yang tiba-tiba itu disebabkan karena hujan deras di wilayah Magelang dan Temanggung, Jawa Tengah. “Saat itu kondisi sungai progo cukup deras karena di bagian hulu wilayah Magelang dan Temanggung diguyur hujan deras,” ujarnya, Minggu (1/12/2019).

Kasubsi Sumber Daya Basarnas Yogyakarta Abdul Rahman, yang memimpin operasi SAR, menerangkan proses evakuasi Puji dari dalam truk cukup sulit karena derasnya arus air. “Sekitar 45 menit upaya penyelamatan, akhirnya Puji berhasil dievakuasi,” ucapnya.