Advertisement

Sosialisasi Tol Jogja Besok Belum Membahas Harga Tanah, Ini yang Dibicarakan

Sunartono
Selasa, 03 Desember 2019 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Sosialisasi Tol Jogja Besok Belum Membahas Harga Tanah, Ini yang Dibicarakan Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sosialisasi pembangunan tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen bakal dimulai Rabu (4/12/2019).

Adapun sosialisasi pertama ke warga rencananya akan digelar di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Rabu (4/12/2019).

Advertisement

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan sosialisasi yang digelar di Bokoharjo, Prambanan pada Rabu masih dalam tahap umum. Sehingga isi sosialisasi belum mengarah pada pembahasan masalah harga tanah.

"Ini tahap pertama kan hanya sosialisasi saja, belum sampai masalah harga dan sebagainya belum, supaya mereka tahu dulu [tentang pembangunan tol]. Setelah itu baru bicara [harga tanah]. Masih sosialisasi," katanya, Selasa (3/12/2019).

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menambahkan sosialisasi terdampak tol di level kabupaten telah dilakukan, selain itu perangkat desa dan kecamatan juga telah dikumpulkan di Bokoharjo, Prambanan pada Selasa (3/12/2019) sebagai persiapan untuk sosialisasi Rabu (4/12/2019).

"Tentu hal-hal yang kami sampaikan, tol itu seperti apa, kemudian lahan yang akan dibebaskan itu lahan mana saja, lalu apa yang harus dipersiapkan oleh masyarakat dalam rangka mempersiapkan proses pembebasan tanah," katanya.

Ia mengatakan dalam sosialisasi akan dilakukan dialog dan menampung berbagai keluhan warga terdampak. Baik terdampak akibat lahan dipakai untuk pembangunan maupun terdampak proses pembuatan konstruksi tol seperti terkena debu maupun lainnya. Saat sosialisasi dilakukan, akan menghadirkan semua pihak, mulai dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Satker PJBH, serta pihak swasta lainya selaku pelaksana konstruksi.

"Kalau tidak kena tetapi terdampak, nanti kan ada gambaran seperti apa, akan dibahas dari pihak jasa marga, akan didialogkan, kalau ada masalah jangan disimpan, tetap sebaiknya langsung disampaikan,"ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement