Hadapi Cuaca Ekstrem, Polres Bantul Siagakan Personel

Bupati Bantul Suharsono (keempat dari kiri) meninjau kesiapan personel dan sarana prasarana penanggulangan bencana saat Apel Kesiapsiagaan Bencana di Mapolres Bantul, Jumat (10/1/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
10 Januari 2020 16:07 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Kepolisian Resor Bantul menggelar apel kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana di Bantul, Jumat (10/1/2020). Apel yang digelar di halaman Mapolres Bantul tersebut mengantisipasi potensi bencana selama musim hujan, seperti angin kencang, banjir, tanah longsor, pohon tumbang.

Selain diikuti personel kepolisian juga diikuti aparat TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tagana, Badan Sar Nasional (Basarnas), search dan rescue (SAR), ormas, dan sejumlah sukarelawan kebencanaan.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono mengatakan saat musim dengan curah tinggi berpotensi menyebabkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. “Harus dapat mitigasi bencana supaya meminimalkan korban jiwa dan harta benda,” kata Wachyu.

Wachyu mengatakan Polres Bantul bersama stakeholder harus hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan ketika terjadi bencana. Meski akibat hujan yang terjadi di Bantul saat ini tidak separah seperti daerah lain, namun perlu mengantisipasinya jika bencana datang.

Tidak hanya menyiapkan personel, Kapolres juga ingin memastikan kesiapsiagaan sarana dan prasarana penunjang dalam penanganan bencana seperti perahu karet, gergaji mesin untuk mengevakuasi pohon tumbang.

“Masing-masing polsek punya dua sampai tiga chainsaw [gergaji mesin], mobil patroli yang dimiliki dilengkapi chainsaw. Ketika ada ada pohon tumbang bisa bergerak cepat untuk membantu melaksanakan evakuasi,” kata Wachyu.