BMH Bagikan 250 Paket Pendidikan kepada siswa Se-DIY

Para siswa penerima bantan paket pendidikan dari BMH, mengisi data diri di sela-sela penyerahan bantuan yang digelar di Gedung Serba Guna SD Islam Terpadu Hidayatullah Yogyakarta, Sleman, Minggu (12/1/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
12 Januari 2020 19:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Baitul Maal Hidayatullah (BMH) memberikan bantuan paket pendidikan kepada 250 pelajar se-DIY, Minggu (12/1/2020). Penyerahan bantuan yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna SD Islam Terpadu Hidayatullah Yogyakarta, Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman itu merupakan salah satu program penyaluran kepada kaum duafa.

Ketua BMH DIY Catur Hidayat Nurohman mengatakan jika penyaluran paket sekolah menyasar kamu dhuafa dan penghafal Al-Qur’an. BMH, kata dia, merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana zakat, infak, sedekah, wakaf dan hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan corporate social responsibility (CSR) perusahaan.

“Duafa juga diharapkan mendapatkan pendidikan yang sama terhadap masyarakat pada umumnya sehingga bisa memacu mereka agar bisa lebih giat lagi belajar mengejar cita-citanya," ujar Catur kepada Harianjogja.com, Minggu.

Untuk tahun ini, lanjut Catur, dana dari masyarakat yang diamanahkan ke BMH, untuk wilayah DIY jumlahnya lebih dari Rp7 miliar, termasuk zakat infak dan dana sosial lainnya. "Metode penyalurannya ada dua. Pertama dengan program dakwah sosial ekonomi kemanusiaan itu terkait dengan dana infak. Kedua, zakat di mana kami tetap mengacu dalam aturan syariat," ujarnya.

Soal animo dan kesadaran warga, khususnya di DIY untuk berzakat, menurut Cahyo, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir terbilang cukup baik. “Kesadaran masyarakat cukup tinggi. Terbukti, setiap tahunnya selalu ada kenaikan, baik jumlah zakatnya, maupun jumlah muzakinya. Syukur Alhamdulillah," ujarnya.

Salah satu orang tua penerima bantuan dari BMH, Supiyah, 45, di mana anaknya yang menerima bantuan menyatakan jika bantuan yang diterimanya akan dipakai untuk keperluan sekolah. "Kebetulan anak saya difabel dan juga menjadi santri, semoga anak saya sehat selalu dan menjadi anak yang sholeh," ucap dia.