Advertisement

Sempurnakan Pembangunan Pasar Legundi, Pemkab Siapkan Anggaran Rp1,5 Miliar

David Kurniawan
Rabu, 15 Januari 2020 - 15:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Sempurnakan Pembangunan Pasar Legundi, Pemkab Siapkan Anggaran Rp1,5 Miliar Salah seorang pedagang melintas di lokasi gedung baru Pasar Legundi di Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang, Senin (29/4/2019). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul mengalokasikan anggaran Rp1,5 miliar untuk penyempurnaan Pasar Legundi di Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang. Dana ini digunakan untuk pembangunan kios dan los pasar, tempat parkir hingga pos satpam.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Ari Setiawan, mengatakan pembangunan Pasar Legundi sudah dilakukan di 2018. Untuk merevitalisasi pasar, Pemkab mendapatkan anggaran Tugas Pembantuan (TP) dari Kementerian Perdagangan Rp6 miliar.

Advertisement

Menurut Ari, meski sudah dibangun dan telah beroperasi, Pasar Legundi masih butuh penyempurnaan. Tahun ini Pemkab mengalokasikan anggaran untuk penyempurnaan. “Total anggaran yang disediakan untuk Pasar Legundi mencapai Rp1,5 miliar,” kata Ari kepada Harian Jogja, Rabu (15/1/2019).

Dia menjelaskan pagu anggaran yang disediakan bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp286 miliar dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,3 miliar. Rencananya anggaran ini digunakan untuk pematangan lahan, pembuatan kios dan los baru, tempat parkir hingga pos satpam. “Kami sudah melakukan survei sebagai langkah awal untuk pembangunan Pasar Legundi tahap kedua,” katanya.

Ari menuturkan upaya penyempurnaan pasar tidak lepas dari lokasi pasar yang berada di kawasan strategis karena berada di dekat Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Diharapkan dengan penyempurnaan ini maka potensi pasar ini dapat dimaksimalkan. “Pasar legundi buka tiap hari, tetapi paling ramai saat pasaran Wage [penanggalan jawa]. Harapannya dengan penyempurnaan, maka setiap hari pasar terus ramai,” katanya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement