Di Balai Kota kini ada Layanan Konseling Psikolog untuk Keluarga, Catat Jadwalnya

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (keenam dari kanan) hadir saat peresmian Gedung TP PKK Jogja di sisi timur Balai Kota Jogja, Selasa (4/2/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
04 Februari 2020 18:47 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Guna memajukan gerakan perempuan dan keluarga, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja meresmikan Gedung Unit 4 atau Gedung Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jogja, Selasa (4/2/2020). Gedung yang berlokasi di sisi timur Balai Kota Jogja tesebut ditempati oleh sejumlah organisasi yang menyangkut perempuan dan keluarga.

Sejumlah organisasi yang menempati gedung ini, meliputi Dharma Wanita Persatuan Kota Jogja, Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Jogja, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Jogja dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kota Jogja.

Khusus untuk Puspaga, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Jogja, Edy Muhammad, menjelaskan Puspaga bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan keluarga. "Upaya preventif mencegah kekerasan pada perempuan dan anak yang diawali dari level keluarga," kata dia, Selasa.

Dia menuturkan Puspaga menyediakan layanan konseling psikolog yang dibuka setiap Senin-Jumat, mulai pukul 09.00 WIB-12.00 WIB. Layanan ini bisa diakses masyarakat secara gratis. "Saat ini kami juga sedang sosialisasi di kelurahan-kelurahan terkait perlindungan anak," ujarnya.

Selain Puspaga, jika ingin konsultasi masalah serupa kata dia masyarakat juga bisa datang ke Puskesmas, karena di sana juga telah dilengkapi tenaga psikolog. Sementara jika sudah terjadi kekerasan, maka sebaiknya langsung melapor ke Tim Terpadu Pencatatan Pelaporan Tindakan Kekerasan Perempuan dan Anak (TP2TP&A).