Ring Road Utara Bakal Ditutup Selama Pembangunan Jalan Tol Jogja

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan
06 Februari 2020 20:52 WIB Newswire Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Bangunan-bangunan yang berada di pinggir Jalan Ring Road Utara bakal terdampak saat proses pembangunan jalan tol Jogja-Solo.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Yogya-Solo dan Yogya-Bawen, Wijayanto mengatakan bangunan-bangunan yang terdampak akan dikembalikan fungsinya ketika proyek rampung.

"Bangunan seperti Polda DIY dan kampus-kampus pasti terdampak karena jaraknya 10 meter dari sisi jalur lambat. Tapi terdampaknya pada saat pelaksanaan (pembangunan). Nanti kalau sudah mulai jadi jalan tol dielevasi jadi di atas nanti akan dikembalikan ke fungsinya yang normal," kata Wijayanto seusai sosialisasi pengadaan tanah untuk jalan tol di Balai Desa Tlogoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Kamis (6/2/2020).

Pengembalian fungsi itu termasuk juga Ring Road di bawah jalan tol. Nantinya jalan Ring Road akan dipakai lagi. Namun, saat proses pembangunan untuk sementara Ring Road akan ditutup dan dibuatkan akses baru agar kendaraan bisa melintas.

"Bawahnya (jalan) juga dipakai lagi. Tapi (jalan) dipakai untuk pekerjaan fisik (tol) karena nanti harus ada pengeboran.

Pekerjaan di tengah itu kan nanti ada tiang-tiang dan itu mengganggu kanan kiri kalau tidak dibebaskan dulu, tiangnya dibikin dulu kalau sudah selesai dikembalikan lagi fungsinya (jalan)," jelasnya.

"Untuk menghindari kemacetan, dilebarkan sedikit, untuk jalan dulu. Mungkin jalur lambatnya kita hilangkan untuk kita pakai. Setelah jadi semua akan kita kembalikan fungsinya semua," lanjutnya.

Sumber : Detik.com