14 Titik Strategis di Kulonprogo Kini Terpantau di Command Center

Kondisi command center di gedung Binangun, Kompleks Pemkab Kulonprogo. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
06 Februari 2020 05:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Kulonprogo kini punya pusat pengendali layanan publik atau umum disebut command center. Fasilitas yang akan dioperasikan pada tahun ini dalam upaya mewujudkan Smart City tersebut berfungsi untuk memonitor aktivitas masyarakat di tempat umum.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Kulonpogo, Sutarman mengatakan ruang pengendali yang berada di Gedung Binangun, Kompleks Pemkab Kulonprogo itu telah terhubung dengan kamera pengawas yang dipasang di 14 lokasi strategis di Kulonprogo, antara lain simpang lima Karangnongko, Taman Wana Winulang, Mall Pelayanan Publik Kulonpogo, Alun-alun Wates, dan sekitar Terminal Wates.

Apabila ada kejadian seperti tindak kejahatan, kecelakaan, kemacetan, pohon tumbang, maupun pelanggaran aturan yang terekam kamera tersebut, petugas command center akan segera melapor ke instansi terkait.

"Karena teknisnya, kita kerjasama lintas instansi dan pihak-pihak terkait, jika ada kejadian semisal kecelakaan langsung dilaporkan ke yang berwenang," ujar Sutarman, Rabu (5/2/2020).

Pembangunan command center sendiri menelan anggaran sebesar Rp2,1 miliar yang direalisasikan dengan penyediaan komputer, monitor, kamera pemantau dan penataan interior ruangan.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kulonpogo, Heri Warsito, mengatakan secara teknis peralatan yang tersedia di command center termasuk kamera pemantau sudah berfungsi dengan baik. Hanya saja ruang pengendali ini belum diresmikan karena masih ada sejumlah hal yang perlu ditambahkan. Salah satunya terkait daya listrik.

"Dari sisi interior sudah selesai, tapi untuk launching masih menunggu, soalnya kami berencana menambah daya listrik yang sekarang sekitar 30 KWH menjadi 53 KWH," terangnya.