Advertisement

14 Titik Strategis di Kulonprogo Kini Terpantau di Command Center

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 06 Februari 2020 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
14 Titik Strategis di Kulonprogo Kini Terpantau di Command Center Kondisi command center di gedung Binangun, Kompleks Pemkab Kulonprogo. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Kulonprogo kini punya pusat pengendali layanan publik atau umum disebut command center. Fasilitas yang akan dioperasikan pada tahun ini dalam upaya mewujudkan Smart City tersebut berfungsi untuk memonitor aktivitas masyarakat di tempat umum.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Kulonpogo, Sutarman mengatakan ruang pengendali yang berada di Gedung Binangun, Kompleks Pemkab Kulonprogo itu telah terhubung dengan kamera pengawas yang dipasang di 14 lokasi strategis di Kulonprogo, antara lain simpang lima Karangnongko, Taman Wana Winulang, Mall Pelayanan Publik Kulonpogo, Alun-alun Wates, dan sekitar Terminal Wates.

Advertisement

Apabila ada kejadian seperti tindak kejahatan, kecelakaan, kemacetan, pohon tumbang, maupun pelanggaran aturan yang terekam kamera tersebut, petugas command center akan segera melapor ke instansi terkait.

"Karena teknisnya, kita kerjasama lintas instansi dan pihak-pihak terkait, jika ada kejadian semisal kecelakaan langsung dilaporkan ke yang berwenang," ujar Sutarman, Rabu (5/2/2020).

Pembangunan command center sendiri menelan anggaran sebesar Rp2,1 miliar yang direalisasikan dengan penyediaan komputer, monitor, kamera pemantau dan penataan interior ruangan.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kulonpogo, Heri Warsito, mengatakan secara teknis peralatan yang tersedia di command center termasuk kamera pemantau sudah berfungsi dengan baik. Hanya saja ruang pengendali ini belum diresmikan karena masih ada sejumlah hal yang perlu ditambahkan. Salah satunya terkait daya listrik.

"Dari sisi interior sudah selesai, tapi untuk launching masih menunggu, soalnya kami berencana menambah daya listrik yang sekarang sekitar 30 KWH menjadi 53 KWH," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement